Rencana Pelantikan Perangkat Desa Kandangan Mendapat Perlawanan

301

NGAWI – Desa Kandangan, Ngawi, kembali bergejolak. Sejumlah peserta seleksi perangkat desa mengancam akan menggelar aksi unjuk rasa. Itu setelah beredar kabar bahwa perangkat terpilih hasil penjaringan November 2018 lalu bakal dilantik besok. ‘’Itu (pelantikan, Red) jelas bertentangan dengan hasil kesepakatan yang dicapai saat musdes (musyawarah desa, Red) beberapa waktu lalu,’’ kata Aris Afandi, salah seorang warga, kemarin (3/2).

Aris mengatakan, dalam proses seleksi lalu ditemukan adanya indikasi kecurangan hingga memicu polemik. Untuk mencari jalan keluar akhirnya dilaksanakan musyawarah desa (musdes). ‘’Waktu itu disepakati dilakukan ujian ulang karena pihak yang melakukan (kecurangan) sudah mengakui kesalahannya,’’ ujar Aris.

Musdes itu, lanjut dia, juga disaksikan pihak pemerintah desa, kecamatan, polsek, dan koramil setempat. Pun, dalam rapat dengar pendapat dengan komisi I DPRD, pihak kecamatan menyampaikan bakal dilakukan ujian ulang.

Karena itu, beredarnya kabar perangkat desa terpilih bakal dilantik, langsung direaksi sejumlah peserta seleksi yang gagal dan beberapa warga setempat. Mereka berniat akan menggelar aksi pada hari pelantikan dilaksanakan. ‘’Tuntutannya dilakukan ujian sesuai hasil musdes,’’ tuturnya.

Aris menambahkan, sejumlah peserta seleksi dan warga yang keberatan dengan pelantikan juga berupaya menyampaikan aspirasinya melalui banner bertuliskan MUSDES; Suara Rakyat, Jangan Bungkam Suara Kami !!! Sekitar 30 banner telah dipasang di beberapa titik desa setempat. ‘’Supaya pemerintah tahu bahwa yang dikehendaki masyarakat itu ujian ulang sesuai hasil musdes,’’ tegasnya.

Sekadar diketahui, usai muncul polemik seleksi perangkat di sejumlah desa pada Desember 2018 lalu, Komisi I DPRD Ngawi berupaya menengahi. Salah satunya dengan menggelar rapat dengar pendapat dengan pihak-pihak terkait. Mulai pemdes dan kecamatan, dinas pemberdayaan masyarakat dan desa (DPMD), hingga bagian hukum sekretariat daerah (setda). Khusus Desa Kandangan, kala itu solusinya disepakati ujian ulang. (tif/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here