Rekrutmen P3K Tak Kunjung Jelas

166

PONOROGO – Rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) yang digaungkan pemerintah pusat tak kunjung terang sampai sekarang. Rencana besar pemerintah untuk menutup kekurangan pegawai dari seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) itu belum juga disosialisasikan ke daerah-daerah. Tak heran daerah pusing. Pasalnya, mereka belum memposting anggaran untuk rekrutmen P3K di APBD tahun ini. ‘’Tidak ada anggaran untuk itu, daerah lain juga,’’ kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Ponorogo Winarko Arief.

Rencana rekrutmen P3K diutarakan pemerintah pusat menyikapi rendahnya jumlah peserta yang lolos seleksi CPNS tahun lalu. Di sisi lain, kebutuhan kepegawaian masih cukup tinggi. Termasuk di daerah. Semenjak digaungkan pusat, isu tersebut ramai dibicarakan di berbagai media nasional dan media sosial (medsos). Senyatanya, Winarko belum menerima kejelasan terkait rekrutmen P3K tersebut. ‘’Baru akan dikumpulkan (seluruh badan kepegawaian daerah, Red) di Batam, 22—24 Januari nanti, terkait P3K,’’ ujarnya.

Winarko menegaskan, daerah membutuhkan kejelasan atas rencana rekrutmen P3K. Pasalnya, belum ada daerah yang bersiap menggelar rekrutmen lantaran anggarannya yang tak direncanakan. Winarko menyebut, rencana rekrutmen P3K baru dilontarkan pusat pada 26 November tahun lalu. Sementara, pada saat itu, hampir seluruh APBD sudah didok. Termasuk di Jatim atau Ponorogo. ‘’Bahkan, provinsi juga belum punya anggaran untuk rekrutmen itu,’’ terangnya.

Winarko coba memaklumi. Dia menilik rencana besar Kemen PAN-RB yang ingin ada rekrutmen kepegawaian setiap tahun hingga 2024. Dengan catatan, jumlah lowongan yang dibuka tiap rekrutmen maksimal sejumlah pegawai yang pensiun di tahun yang sama. Winarko memberi contoh seleksi CPNS 2018 lalu. Pemkab usul kuota 422 lowongan, namun hanya disetujui 356. ‘’Jadi maksimal sesuai jumlah pensiun. Pemerintah ingin pertumbuhan pegawai itu zero growth atau bahkan minus growth. Karena banyak tenaga manusia yang kelak akan tergantikan teknologi seiring kemajuan zaman,’’ urainya. (naz/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here