Reklame Terkelupas Tak Segera Dilepas

42
BIKIN CEMAS: Lempengan seng reklame di Jalan Arif Rahman Hakim terkelupas hingga berpotensi mencelakai pengguna jalan.

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Koordinasi lintas organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkab Ponorogo lemah. Buktinya, satpol PP belum menertibkan papan reklame yang membahayakan pengguna jalan. Dalihnya, belum ada perintah dari dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP). ‘’Kami tidak bisa serta merta menertibkan reklame,’’ kata Kepala Satpol PP Ponorogo Suko Kartono Rabu (18/9).

Salah satu reklame yang memprihatinkan itu bercokol di tengah median Jalan Arif Rahman Hakim. Tingginya sekitar 20 meter dengan lebar 50 meter. Sebagian lempeng seng terkelupas dari badan media promosi barat Terminal Seloaji itu. Jika angin kencang berembus, bisa mencelakakan para pengguna jalan yang melintas di bawahnya.

Menurut Suko, reklame yang perlu ditertibkan tidak hanya di Jalan Arif Rahman Hakim. Selain karena kondisi yang membahayakan, juga izin sudah kedaluwarsa. Perihal kondisi tersebut, komunikasi dengan DPMPTSP memang belum dilakukan. ‘’Kalau penertiban sudah setiap pekan, tapi belum mengarah ke reklame,’’ ujarnya.

Dia menyebut, penindakan dilakukan setelah menerima titah DPMPTSP. Lembaga itu yang berwenang dengan urusan perizinan reklame. Mulai data hingga perjanjian antara pemilik reklame. ‘’Kalau reklame itu rusak, DPMPTSP yang bisa memutuskan siapa yang wajib mengganti atau satpol PP langsung menertibkan,’’ ucapnya. (naz/c1/cor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here