Rekap Rampung, Situng Melambat

30

MAGETAN – Proses pengunggahan data ke sistem penghitungan (situng) berbasis fomulir C-1 oleh KPU Magetan berjalan lamban. Sampai dengan kemarin (1/5), upload data ke aplikasi tersebut baru mencapai 35 persen. ‘’Ada berbagai kendala yang membuat tim verifikator harus bekerja dua kali,’’ kata Komisioner KPU Magetan Nur Salam.

Adapun kendala itu berupa proses penginputan data yang harus dilakukan secara bergantian. Terlebih situng menampung seluruh data dari KPU daerah lain. Belum lagi, server situng KPU RI kerap mengalami down seiring banyaknya data yang masuk.

Namun demikian, Salam menyatakan bahwa persoalan ini merupakan hal biasa. Karena juga dialami oleh KPU dari daerah lain. Meski begitu pihaknya tetap berupaya agar proses penguploadan data ke aplikasi situng KPU RI bisa cepat selesai. Sekalipun belum ada keputusan dari KPU RI terkait batas maksimal proses input data tersebut. ‘’Saat ini yang sudah berjalan (upload) sekitar 35 persen ke server aplikasi situng KPU RI,’’ ungkapnya.

Sementara itu, di sisi lain, proses rekapitulasi di tingkat KPU daerah sudah selesai kemarin. Sehingga, siapa saja kandidat caleg yang mendapatkan kursi DPRD Magetan sudah dapat dipastikan. ‘’Kemudian hasil dari rekapitulasi ini nantinya kami serahkan ke KPU Jatim untuk selanjutnya dilaporkan ke KPU RI,’’ terang Salam. (mgc/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here