Rekanan Proyek Amenitas Telaga Wahyu Harus Setor Kasda Sebelum Akhir Juni

28
FASILITAS UMUM: Bangunan amenita di seputaran Telaga Wahyu menjadi item kegiatan yang ditemukan adanya kekurangan volume pekerjaan oleh BPK saat proses audit berlangsung.

MAGETAN – Rekanan proyek pembangunan amenitas Telaga Wahyu dinilai kelewatan oleh Disparbud. Karena dalam proses pengerjaan bangunan senilai Rp 1,4 miliar itu  terjadi kekurangan volume proyek. ‘’Contohnya pemasangan ACP (aluminium composit panel) yang ditagihkan 21 meter persegi, tapi yang terpasang ternyata 10 meter persegi,’’ terang Kasi Pengelola Daya Tarik, Kawasan Strategis dan Destinasi Pariwisata Disparbud Magetan, Happy Herawati Senin (11/6).

Dari ketidaksesuaian volume pekerjaan itu, pemkab harus menanggung rugi hingga Rp 30,855 juta. Selain itu, pekerjaan yang dijalankan oleh CV Khrisdyas Karya tersebut juga mengalami keterlambatan sampai dua bulan. ‘’Tidak sesuai kontrak, keterlambatan itu sangat fatal,’’ ungkapnya.

Persoalan lainnya muncul saat pemeriksaan tahap pertama (P-1). Saat itu pemasangan partisi di bagian toilet belum dilakukan. Happy sempat memberikan peringatan. Tetapi, pemasangan baru dilakukan pada 4 Februari 2019. Parahnya lagi, pekerjaan itu diserahkan ke sub pelaksana.

Akibatnya, saat BPK turun memeriksa menemukan adanya keterlambatan dalam item pekerjaan tersebut. Hingga akhirnya diwajibkan membayar denda atas keterlambatan itu sebesar Rp 82,691 juta. ‘’Jika ditotal pelaksana harus menyerahkan uang ke kas daerah (kasda) sebesar Rp 113,546 juta,’’ terang Happy.

Terkait pengembalian denda itu, Happy mengungkapkan bahwa pihak CV Khrisdyas Karya telah menyanggupinya. Awlanya, dengan cara diangsur selama 12 bulan. ‘’Tetapi, pak bupati tidak menghendaki hal itu,’’ ujarnya.

Sebaliknya, Happy menghendaki agar pengembalian dapat dilakukan sebelum 29 Juni mendatang. Sebelum nanti dianggap sebagai kerugian negara oleh penegak hukum. ‘’Kami berupaya untuk sesuai aturan,’’ pungkasnya. (bel/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here