Reka Ulang Lanjar Bunuh Ida, Peragakan 25 Adegan

151

MAGETAN – Penyidikan kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang berujung tewasnya Ida Winarsih, 30, memasuki babak akhir. Satreskrim Polres Magetan merekonstruksi kasus itu di tempat kejadian perkara (TKP) rumah orang tua korban di Desa Getasanyar, Sidorejo, kemarin (7/2).

Rekonstruksi tersebut berakhir penuh haru karena tersangka Lanjar sempat meminta maaf kepada mertuanya yang hadir dalam reka ulang tersebut. Dalam sejumlah adegan, pria 35 tahun itu terungkap melakukan tindakan KDRT yang berujung kematian Ida, istrinya.

Di antaranya, aksi sandiwara Lanjar setelah mengetahui Ida terkapar. Dia sempat meminta kepada mertuanya untuk membalas apa yang telah dilakukannya kepada Ida karena alasan menyesal.

Kasat Reskrim Polres Magetan AKP Sukatni mengatakan, setidaknya ada 25 adegan yang diperagakan saat proses rekonstruksi. Semua itu dilakukan oleh pihaknya untuk mencocokkan antara keterangan tersangka, saksi, dan alat bukti yang diperoleh penyidik. ‘’Untuk melengkapi berita acara pemeriksaan (BAP),’’ kata Sukatni.

Dalam proses rekonstruksi itu, lanjut dia, penyidik juga menghadirkan jaksa seksi pidana umum (pidum) Kejaksaan Negeri (Kejari) Magetan dan kuasa hukum tersangka. Sukatni berharap kasus KDRT yang berujung tewasnya seseorang itu terang benderang. ‘’Kami ingin memastikan bahwa perbuatan tersangka sudah memenuhi unsur dalam pasal yang disangkakan,’’ terangnya.

Pantauan Radar Magetan, rekonstruksi penganiayaan berujung kematian yang dilakukan Lanjar kepada istrinya dimulai sekitar pukul 09.55. Adegan pertama, tersangka mengajak korban berhubungan badan. Tapi, ajakan itu ditolak oleh Ida.

Mendapati jawaban kurang memuaskan dari istrinya itu, Lanjar langsung naik pitam. Dia langsung mengambil pisau dapur dan menusuk punggung korban hingga tewas. Sebelum kemudian kabur meninggalkan rumah mertuanya.

Saat proses rekonstruksi tersebut warga terlihat menyemut. Mereka berjubel ingin melihat adegan per adegan yang dilakukan oleh tersangka terhadap korban. (mgc/c1/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here