Rehab Pasar Arjosari Telan Rp 6 Miliar

91

PACITAN – Banjir yang acap menggenangi Pasar Arjosari, Pacitan, setiap musim penghujan segera teratasi. Rencananya, pertengahan tahun ini pemkab setempat bakal merehabilitasi pasar tradisional tersebut. ‘’Ada 80 sampai 90 lapak pedagang yang posisinya di bawah jalan dan sering banjiran. Ini akan kami ubah,’’ kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pacitan Supomo kemarin (24/3).

Supomo mengungkapkan anggaran Rp 6 Miliar dari APBD Pacitan siap digelontorkan untuk rehab pasar tersebut. Ditargetkan, rampung akhir November tahun ini. Saat ini pihaknya masih mengusulkan lelang umum terkait pelaksana proyek tersebut. ‘’Target kami pertengahan April masuk ULP (unit layanan pengadaan, Red),’’ jelasnya.

Meski digelontor anggaran jumbo, namun Supomo memastikan pasar bakal terdiri dari satu lantai. Hanya, ukurannnya bakal lebih besar ketimbang saat ini. Dia memperkirakan bisa menampung lebih dari 200 pedagang. Pihaknya berharap tak ada lagi pedagang yang buka lapak di luar bangunan. ‘’Karena gedungnya akan kami tambah,’’ beber Supomo.

Saat pembongkaran hingga pengerjaan, para pedagang bakal direlokasi sementara. Mereka bakal dipindahkan di Stadion Arjosari yang berjarak puluhan meter dari lokasi pasar lama. Pihaknya tengah menyiapkan beberapa lapak darurat untuk ditempati. ‘’Sudah disiapkan (lapak sementara, Red), karena dibangun jadi pedagang harus pindah dulu,’’ jelasnya.

Terkait potensi pro-kontra, Supomo mengatakan lumrah. Namun dia mengklaim semua pedangang dapat menerima relokasi sementara tersebut. Pasalnya, dampak rehabilitasi pasar tersebut bakal dirasakan para pedagang. ‘’Maklum, namanya dibanguan pasti mengorbankan waktu. Kami harap mereka bisa menerima dengan sabar hingga selesai kembali,’’ ucapnya.

Lokasi pasar yang berada di jalur Pacitan-Ponorogo tersebut kerap jadi langganan banjir yang sudah menahun. Terlebih saat hujan lebat mengguyur wilayah Arjosari. Pasalnya, lokasi pasar lebih rendah ketimbang bangunan lain. Hingga air dan lumpur kerap menggenangi lapak para pedagang. (gen/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here