Regulasi PPDB Nyaris Sama dan Sebangun

26

MADIUN – Peraturan wali kota (perwali) penerimaan peserta didik  baru (PPDB) 2019 akhirnya terbit. Namun, secara isi nyaris sama dan sebangun dengan tahun lalu. ‘’Bedanya hanya pelaksanaan untuk zonasi, prestasi, dan perpindahan orang tua dibuka bersamaan,’’ kata Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Madiun Eni Yuanawati ditemui Radar Madiun.

Eny menjelaskan, semua peraturan terkait sistem zonasi telah dijelaskan secara rinci. Sesuai jadwal, Sabtu (15/6) hari ini, sosialisasi di gedung Adiwiyata dindik. Berlanjut, Senin (17/6) sosialiasi dengan seluruh organiasi perangkat daerah (OPD), badan usaha milik negara (BUMN) dan badan usaha milik daerah (BUMD). ’’Dipimpin langsung sama pak wali kota,’’ jelasnya.

Dia menambahkan, calon murid dari TK naik ke tingkat SD memperhatikan ketentuan usia terlebih dahulu. Kemudian baru mempertimbangkan jarak. Sementara untuk tamatan SD menuju SMP terdapat tiga jalur penerimaan siswa baru. Yakni, prestasi, zonasi, dan perpindahan orang tua. Dimana jumlah persentasenya untuk prestasi dan perpindahan orang tua hanyalah 5 persen. ‘’Kalau jalur prestasi tidak memenuhi kuota akhirnya sekolah bisa 100 persen jalur zonasi sepenuhnya,’’ bebernya.

Dia menghimbau orang tua memperhatikan administrasi yang diperlukan dan harus terpenuhi. Kemudian untuk jalur prestasi sertifikat harus dilegailisir di OPD terkait. (dil/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here