Ngawi

Reco Banteng Butuh Perhatian Pemerintah

Telaten Menjaga Situs Delapan Dasawarsa

NGAWI, Radar Ngawi – Sejak ditemukan delapan dasawarsa silam, Reco Banteng kian memprihatinkan. Situs di Dusun Reco Banteng, Desa Wonorejo, Kecamatan Kedunggalar, itu terkesan dibiarkan tanpa kejelasan pengelolaan.

Situs yang ditemukan 1938 silam itu masih dikelilingi pagar kawat. Papan larangan berisikan undang-undang cagar budaya terlihat berkarat. Adapun beberapa patung di dalamnya memang tak lagi utuh. ‘’Sebenarnya pemdes sudah berencana membuat taman di sini. Tapi masih terbentur kepemilikan lahan,’’ kata Widayu, penjaga situs itu, Rabu (20/11).

Berada di tengah permukiman, kawasan itu di bawah pengawasan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim. Saban hari, Widayu telaten menjaga dan membersihkannya. Satu-dua warga kerap mampir mengobati rasa penasarannya. ‘’Paling yang ke sini para pelajar,’’ ujarnya.

Widayu memperkirakan masih terdapat banyak situs terpendam di sekitar kawasan cagar budaya tersebut. Mengingat beberapa patung tampak belum lengkap. Bagi warga setempat, cagar budaya ini pun selalu digunakan sebagai lokasi bersih desa setiap tahunnya. ‘’Tidak ada yang berani merusak situs ini,’’ terangnya sembari berharap situs tersebut mendapat perhatian lebih dari pemerintah. (gen/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close