Rebuild Songgolangit Tunggu Duit Pusat

82

PONOROGO – Kecil kemungkinan megaproyek rebuild (pembangunan ulang) Pasar Legi Songgolangit dieksekusi dalam waktu dekat. Pasalnya, Kementerian PUPR masih sibuk menyusun struktur organisasi tata kerja (SOTK) baru yang akan mengeksekusi proyek tersebut. mulai tahun ini, kementerian yang dipimpin Basuki Hadimuljono itu mendapat pelimpahan banyak proyek dari berbagai kementerian, tak hanya kementerian perdagangan (kemendag).

’’Saat ini, proses di Kementerian PUPR masih penyiapan SOTK (struktur organisasi tata kerja) baru untuk menangani proyek-proyek pelimpahan itu,’’ terang Kepala DPKP Endang Retno Wulandari.

Retno memastikan anggaran yang dikucurkan untuk rebuild pasar legi tetap Rp 237 miliar. Pihaknya telah rampung melaksanakan tugas yang dibebankan Kementerian PUPR. Yakni, untuk melakukan review terhadap detail engineering design (DED) pasar tersebut. Review yang dilakukan DPKP, kata Retno, berkutat pada urusan penataan zonasi para pedagang. ’’Zonasinya sempat kami tata ulang, salah satu karena pedagang mracang ini banyak sekali, jadi tidak cukup di satu lantai,’’ ujarnya.

Penataan zonasi lain yang direview oleh DPKP adalah penataan sarana dan prasarana (sarpras) penunjang pasar. Salah satunya, penempatan alat pemadam api ringan (APAR). Berbagai review tersebut, kata Retno, sudah disampaikan kepada Kementerian PUPR. Pihak konsultan perencana juga sudah menyetujui pembenahan DED berdasar review tersebut. ’’Apa saja yang akan dibenahi di DED sudah dituangkan dalam berita acara. Prinsipnya tidak banyak yang berubah, dan sudah disetujui oleh konsultan perencana,’’ kata dia.

Radar Ponorogo kemarin meninjau lokasi bekas pasar ikonik itu berdiri. Pagar-pagar besi yang sejak pembongkaran akhir Februari lalu menutupi pasar legi telah dilepas. Tidak ada lagi bangunan tersisa. Hanya menyisakan hamparan tanah. Seluruh material bangunan yang dibongkar tim Andika Pratama, makelar pembongkaran aset asal Solo, telah diambil dari lokasi dan menjadi hak mereka.

Lantas, kapan megaproyek itu bisa dieksekusi? Retno belum bisa menjawab hal itu. Pasalnya, Kementerian PUPR masih sibuk mempersiapkan SOTK baru yang akan menangani berbagai proyek pelimpahan dari kementerian lain. Termasuk proyek rebuild pasar legi. Meski belum ada keputusan dari pemerintah pusat, namun melihat nominal yang begitu besar, Retno menilai proyek bakal dieksekusi multiyears. ‘’Kalau satu tahun tidak mungkin dengan nilai sebesar itu, apalagi sekarang juga belum mulai pekerjaan fisiknya,’’ sebut Retno.(naz/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here