Real Count Bakesbangpol: Nasdem Geser Golkar

257

PONOROGO – Teka teki warna politik gedung DPRD untuk lima tahun ke depan kian benderang. Alih-alih kembali kuning, besar kemungkinan gedung DPRD bakal membiru. Itu setelah Partai Nasdem diklaim memperoleh lebih dari seratus ribu suara pada pileg 2019. Klaim tersebut didasarkan dari real count yang diselenggarakan bakesbangpol setempat. ‘’Bisa dikatakan rekor (tembus seratus ribu suara),’’ sebut Kabid Sospol Bakesbangpol Karji.

Kemarin (22/4), Karji membeber hasil real count yang dilakukan pihaknya terhadap pileg, Rabu pekan lalu (19/4). Sumber data yang digunakan sama seperti real count untuk pilpres. Yakni, form C1 dari hasil rekapitulasi suara di 2.937 TPS. Hasil real count mencengangkan. Partai Nasdem disebut memecah rekor perolehan suara di Bumi Reyog. ‘’Total suara Partai Nasdem dari hasil real count 121.916 suara,’’ ujarnya.

Data tersebut memperkuat klaim Ketua DPD Partai Nasdem Ponorogo Syaifudien Dimyati. Dia sebelumnya mengklaim partainya meraup minimal sebelas kursi pada pileg 2019. Menurut Karji, lonjakan perolehan suara Nasdem terbilang signifikan dari pileg 2014 lalu. Pada pileg sebelumnya, Nasdem hanya meloloskan satu calegnya menjadi anggota DPRD. ‘’Lonjakan perolehan suaranya (Partai Nasdem) memang signifikan. Baru kali ini ada partai tembus seratus ribu suara,’’ kata dia.

Lebih lanjut, formasi gedung DPRD juga diprediksi bakal berubah akibat pencapaian Nasdem tersebut. Sepuluh kursi yang selama ini diduduki wakil Partai Golkar jelas bakal diambil alih Nasdem. Lantaran partai berlambang pohon beringin itu hanya meraup 54.084 suara. Atau, berada di peringkat empat mengacu hasil real count bakesbangpol. Sementara, PKB tetap bertahan di peringkat kedua dengan raihan 92.392 suara dan Partai Gerindra di peringkat ketiga dengan torehan 59.982 suara. ‘’Bagaimanapun, real count tetap bukan menjadi penentu hasil pileg. Keputusan resminya tetap di KPU,’’ tegas Karji.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPW Partai Nasdem Jatim Ipong Muchlissoni mengungkap jika rekapitulasi di internal partainya menyebutkan angka yang tak jauh berbeda dengan real count bakesbangpol. Dia optimistis, DPD Nasdem Ponorogo sanggup meraup minimal 11 atau 12 kursi. ‘’Kami harus berterimakasih kepada segenap masyarakat Ponorogo yang memilih Nasdem. Capaian ini adalah bukti bahwa Nasdem dipercaya oleh masyarakat Ponorogo,’’ tukasnya. (naz/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here