Pacitan

Razia Warga yang Bertelanjang Muka

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Gugus Tugas Penanganan (GTP) Covid-19 Pacitan bertindak tegas. Mereka menyisir warga yang masih bertelanjang muka saat beraktivitas di luar rumah. Operasi masker tersebut dilakukan di kawasan Pasar Arjowinangun dan Pasar Minulyo. Sasarannya, pedagang, pengunjung, dan warga yang melintas. ‘’Masuk pasar wajib pakai masker. Ini untuk mengedukasi masyarakat. Terutama, yang belum memakai kita paksa memakai,’’ kata Sekretaris GTP Covid-19 Pacitan Didik Alih Wibowo Senin (11/5).

Ini sebagai upaya agar masyarakat terbiasa. Ke mana pun selalu bermasker dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). ‘’Kegiatan ini melibatkan banyak unsur, mulai TNI-Polri, BPBD, satpol PP, dan relawan. Sebagai antisipasi, serta memutus mata rantai penyebaran korona,’’ ujarnya.

Hasilnya, masih didapati warga tidak mengenakan masker ketika masuk pasar. Bahkan, ada yang hanya digantungkan di leher. Saat ini, sebut Didik, kesadaran masyarakat masih kurang. ‘’Sementara kami bagikan masker dan sebelumnya diberikan teguran,’’ tuturnya.

Tak hanya menyasar pasar di kawasan kota, pihaknya juga bakal menggelar operasi serupa di pasar perdesaan. Harapannya, kesadaran masyarakat lebih meningkat. ‘’Kalau disiplin paling tidak bisa membantu menekan peningkatan penyebaran korona,’’ ucapnya. (mg2/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close