Razia di Rutan Hanya Temukan Korek dan Alat Cukur Jenggot

74

PACITAN – Operasi Tumpas Semeru 2019 yang digelar Polres Pacitan di rumah tahanan negara (rutan) kelas II B setempat kemarin (31/1) nihil hasil. Hanya 25 unit korek api dan 13 unit alat cukur jenggot yang ditemukan. ‘’Temuan itu kami koreksikan dengan beliaunya (kepala rutan, Red), mana yang dilarang dan mana yang boleh,’’ kata Kasatreskoba Polres Pacitan AKP Muhammad Agung.

Justru sasaran utama operasi ini tanpa hasil. Tidak ditemukan narkoba sedikit pun. Sedangkan dari tes urine juga negatif pengguna narkoba. Itu diambil dari 12 warga binaan sebagai sampelnya. Meski begitu, pihaknya bakal rutin menggelar operasi narkoba bekerja sama dengan pihak rutan. ‘’Karena peredaran narkoba ada yang dikendalikan dari dalam rutan atau lapas,’’ ujarnya.

Selain menyasar rutan, operasi juga akan menyasar tempat hiburan malam, hotel, home stay, rumah kos, dan lainnya. Kegiatan tersebut digelar 26 Januari hingga 6 Februari mendatang. ‘’Sasarannya orang, tempat, dan benda. Orang itu pemakai narkoba. Tempat itu seperti lapas, kos-kosan, atau hotel. Sedangkan benda seperti peralatan ini,’’ jelasnya.

Kepala Rutan Kelas II B Pacitan Faisal Ibnu menyebut 88 warga binaannya diperiksa. Namun, untuk pemeriksaan urine diambil 12 sampel dan semua negatif. Sedangkan temuan korek api, menurut Faisal, warga binaan memang dibebaskan membawanya untuk menyalakan rokok. Per kamar hanya satu korek. ‘’Tidak semua pegang. Jadi, dari segi keamanan, kami juga membatasi,’’ ungkapnya.

Sedangkan alat cukur jenggot yang boleh dibawa warga binaan ada standar tertentu. Yakni, bukan silet. Namun, jika ketentuan kepolisian tidak memperbolehkan, pihaknya bakal mengikuti. Alat cukur tersebut diamankan karena  dinilai membahayakan.  ‘’Dari sisi keamanan mungkin membahayakan, makanya kami akan ambil itu. Kami siap, ’’ tegasnya.

Temuan lainnya alat perbaikan sol sepatu berupa jarum dan sendok. Menurut dia, alat tersebut tidak sepatutnya ada di dalam ruang tahanan. Melainkan di tempat kegiatan kerja. ‘’Untuk sendok pegangannya hanya boleh berbahan melamin. Tidak boleh logam semua,’’ sebutnya. (odi/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here