Madiun

Ratusan Pencinta Diecast Madiun Raya Bersatu dalam Madhoc

Miniatur mobil alias diecast tak pernah kehilangan penggemar. Komunitasnya pun masih eksis hingga sekarang. Bahkan, Madhoc mampu menjadi magnet bagi ratusan pencinta diecast di Madiun Raya.

===================

NUR WACHID, Madiun, Jawa Pos Radar Madiun

BERBAGAI jenis diecast ditata berjajar rapi. Di ujung selatan tampak sekelompok diecast pabrikan Japan Domestic Market (JDM) yang sedang digandrungi. Mulai Toyota Crown, Toyota Crown Super DL, Toyota 2000 GT, Datsun Fairlad, Honda Jazz, Suzuki Wagon R, Toyota Avanza, hingga Tomica Limited Vintage. Sementara, di sebelahnya ada deretan muscle car seperti custom Barracuca, Corvette, Mustang, dan Deora.

Pemandangan itu terlihat saat Madiun Diecast Hollic Community (Madhoc) menggelar acara kumpul bareng yang di komunitas tersebut dikenal dengan sebutan anjangsanasini. ‘’Rutinnya diadakan setiap bulan. Dinamakan anjangsanasini karena tempatnya berpindah-pindah,’’ kata Wahyu Prima Yoga, perwakilan Madhoc.

Madhoc terbentuk empat tahun lalu. Perintisnya 12 orang yang memiliki hobi mengoleksi diecast. Kini, sekitar 300 member dari Madiun Raya bergabung komunitas itu. ‘’Semuanya berjalan mengalir karena memang dasar hobinya sama,’’ lanjutnya.

Dalam setiap acara kopi darat (kopdar), para member berbagi pengalaman. Juga tukar informasi terbaru seputar dunia diecast. Termasuk seputar custom ter-update pabrikan ternama. ‘’Untuk dua tahun terakhir tetap condong ke JDM,’’ ungkapnya.

Para penggemar diecast tetap menggandrungi koleksi JDM. Salah satu favoritnya yang masih ngetren adalah buatan Tomica, produsen terbesar diecast di Negeri Sakura. Namun, tidak sedikit pula yang mengoleksi muscle car atau sering disebut hot wheels.

Para member biasanya baru merasa sempurna jika memiliki koleksi diecast dari berbagai jenis, brand, dan skala. ‘’Italia juga ada, misalnya buatan Bburago, salah satu produsen ternama di negara itu,’’ sambungnya.

Tidak sedikit yang menjadikan koleksi diecast untuk investasi. Sebab, semakin sulit barang dicari, harganya semakin melejit. Selama ini, range harga diecast berkisar Rp 100 ribu hingga jutaan. Tergantung detail barang, kelangkaan, dan kualitas. *** (isd/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close