Madiun

Ratusan Pedagang Eksodus Pasar Pon Kota Madiun

Pasar Hewan Baru di Lahan Aset Desa

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Muncul pasar hewan baru di Desa Sambirejo, Jiwan, Kabupaten Madiun. Aktivitas jual-belinya digelar di tanah lapang yang merupakan aset desa setempat. Belakangan diketahui bahwa ratusan pedagang di sana merupakan eksodus dari Pasar Pon Kota Madiun yang beberapa waktu lalu ditutup. ‘’Pasar Legi ini perdana buka bersamaan pembukaan kembali pasar hewan,’’ kata Sekretaris Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sambirejo Ajar Putro Rabu (24/6).

Keberadaan pasar ini mengundang animo masyarakat. Tua-muda datang mencari berbagai kebutuhan. Tidak sedikit yang bertelanjang muka alias tidak mengenakan masker.

Ajar menyebut jumlah pedagang mencapai 500. Mayoritas warga setempat. Jualannya bukan hanya hewan ternak atau burung hias, melainkan juga pakaian dan perkakas rumah tangga. Perwakilan pedagang dengan pemerintah desa (pemdes), kata dia, telah menggelar musyawarah. Membahas penggunaan tanah lapang itu sebagai pasar. ‘’Tujuannya menghidupkan kembali sektor perekonomian. Sudah lama tidak bisa berjualan,’’ terangnya.

Camat Jiwan Widodo telah mendengar desas-desus perpindahan pedagang Pasar Pon ke Sambirejo. Namun, perihal sudah beroperasinya pasar, dia tidak tahu. Pihaknya berencana berkoordinasi dengan pemdes hari ini. ‘’Mengenai mekanisme perizinan atau pelaksanaan protokol kesehatan di sana,’’ ungkapnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Madiun Joko Lelono buta mengenai perizinan pasar baru di Sambirejo itu. ‘’Kalau tempat yang digunakan itu aset desa, semestinya ada pemberitahuan ke dinas,’’ katanya. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close