Ratusan Pecel Unjuk Kulineran Mangunsuman

110

PONOROGO – Ratusan warga tumpah ruah di pojok perempatan Kota Lama, Pasar Pon, kemarin pagi (10/2). Warga dari berbagai wilayah berdatangan di Kelurahan Mangunsuman, Siman, itu demi menikmati sajian pecel masal yang dihidangkan sebagai Brokohan Agung.

Sejak lama, kawasan itu memang dikenal sebagai sentra nasi pecel. Mulai pecel tumpuk, kepleh, hingga pecel pedas. Semuanya cukup familier di lidah masyarakat dalam dan luar kabupaten. ‘’Banyaknya pedagang nasi pecel di kelurahan inilah yang melatarbelakangi Brokohan Agung,’’ kata Lurah Mangunsuman Suharto.

Sebanyak 500 porsi dari 15 sentra nasi pecel disuguhkan secara cuma-cuma. Pengunjung juga dapat menikmati nasi pecel 24 jam nonstop. Geliat kampung pecel ini diharapkan mendongkrak perekonomian warga setempat. ‘’Brokohan Agung ini terlaksana secara swadaya. Murni usulan masyarakat,’’ ujarnya.

Sehari kemarin terasa seperti surganya penikmat pecel. Sebab, seluruh sentra dikumpulkan di satu tempat dan disuguhkan secara gratis. ‘’Banyak sekali pedagang yang didatangkan. Menarik sekali,’’ ucap Imas Nyti Ciptanti Devi, warga Magetan yang datang ke lokasi. (mg7/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here