Rangkul Budayawan Bangun Tugu Ikonik Kota Madiun

244

MADIUN – Kota Madiun bakal punya ikon baru. Disbudparmudora berencana merevitalisasi perempatan Tugu. Mereka mewacanakan membangun tugu di simpang empat jalan tersebut. ’’Orang sering menyebut perempatan Tugu. Tapi, tidak ada tugunya,’’ kata Kepala Disbudparmudora Kota Madiun Agoes Poerwowidagdo.

Konsep awal sudah disusun. Yaitu membongkar taman dan keberadaan lampu di perempatan jalan tersebut. Selanjutnya, menggantinya dengan bangunan tugu. Terkait bentuk model tugu, disbudparmudora sudah punya bayangan bakal mengambil desain potongan menara Balai Kota.

Hanya, itu belum pasti. Sebagai gantinya, mereka menggandeng Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk mendesain bangunan tugu tersebut. Mereka dianggap kompeten dalam bidangnya. Karena ikut andil dalam proses revitalisasi Tugu Jogjakarta. ’’Nantinya budayawan di Kota Madiun juga akan kami mintai masukan seperti apa baiknya bangunan tugu tersebut,’’ ujar Agoes.

Mantan kepala DPPKAD itu berharap tugu baru nantinya bisa jadi simbol pembangunan. Sekaligus menebalkan status Kota Madiun sebagai Kota Karismatik yang kaya akan seni dan budaya. ’’Diharapkan konsep pembangunan tugu itu sudah bisa selesai tahun ini,’’ ucap Agoes.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Madiun Didik Yulianto mengapresiasi langkah disbudparmudora membangun landmark daerah tersebut. Sebab, dengan begitu pemkot menunjukkan bukti bahwa untuk memajukan nama daerah diperlukan dukungan dari sejumlah elemen. ’’Saya pikir pasti masyarakat juga setuju dengan dibangunnya tugu tersebut. Soalnya, ini nanti juga akan mengenalkan ke masyarakat luas bahwa Kota Madiun juga merupakan daerah yang sangat pantas untuk dikunjungi,’’ katanya.

Hanya, dia menyatakan bahwa anggaran pembangunan tugu belum dialokasikan dalam APBD 2019. Namun, pihaknya tak menutup kemungkinan bakal mempertimbangkan memasukkan anggaran pembangunan tugu pada saat perubahan anggaran keuangan (PAK) 2019 mendatang. ‘’Bisa juga. Tentunya nanti akan kami tanyakan dulu apa dasar dari rencana pembangunan tersebut kepada dinas terkait,’’ ungkap politikus PDI Perjuangan tersebut. (her/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here