AdvertorialNgawi

Ramaikan Persaingan Perkopian Tanah Air, Pemkab Gelar Festival Kopi Ngawi 2019

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Upaya mengangkat nama kopi Ngawi di kancah nasional maupun internasional terus dilakukan pemkab. Kali ini melalui Festival Kopi Ngawi 2019 yang digelar di halaman kantor Sekretariat Daerah (Setda) Ngawi pada 18-19 Oktober lalu. ‘’Ini kegiatan rutin yang kami gelar untuk meramaikan persaingan perkopian  di Indonesia,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Mokh. Sodiq Triwidiyanto Minggu (20/10).

Sodiq mengatakan, banyak kabupaten/kota di tanah air memiliki produk kopi unggulan. Namun, kopi Ngawi memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri yang tidak dimiliki daerah lain. ”Sekarang sudah banyak kafe yang menyajikan kopi khas Ngawi, artinya Ngawi sudah semakin dikenal dengan kopinya,” ungkapnya.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Raden Rudi Sulisdiana menambahkan, penyelenggaraan festival kopi Ngawi yang dimotori bidang ekonomi kreatif dinasnya selalu diupayakan meningkat dari tahun ke tahun. Mulai dari sisi kualitas event, acara yang ditampilkan, hingga jumlah peserta yang terlibat. ‘’Harus ada inovasi baru dalam setiap pelaksanaannya,’’ tegasnya.

Rudi menuturkan, Bumi Orek-Orek memiliki jenis kopi langka yang tidak banyak dimiliki daerah lain di Indonesia. Yakni, jenis excelsa arabica atau di Ngawi dikenal dengan sebutan kopi nangka. ‘’Sekarang sudah banyak barista yang menggunakan kopi tersebut,’’ terangnya sembari menyebut kopi nangka banyak tumbuh di Selondo, Desa Ngrayudan, Jogorogo.

Festival Kopi Ngawi 2019 lalu juga diramaikan festival film pendek dengan tema Ngawi plus destinasi wisatanya. Selain itu, Brewers Battle Competition atau lomba meracik kopi bagi para barista. Pesertanya ada yang dari Jakarta, Bandung, Bali, bahkan Sulawesi.

Ada juga Virtual Latte Art Competition yang diikuti peserta umum melalui media sosial Instagram. Ada pula workshop kopi untuk memberikan edukasi kepada masyarakat cara penyajian kopi yang benar. ‘’Kebiasaan ngopi sekarang ini tidak sekadar minum, tapi sudah jadi bagian gaya hidup,’’ sebutnya.

Lebih dari 20 stan meramaikan Festival Kopi Ngawi 2019. Sepuluh di antaranya lokal Ngawi dan sisanya dari luar daerah. Sebagai penutup acara dan menambah semarak festival, digelar konser musik dengan bintang tamu Adi eks vokalis Naff. (rio/tif/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
close
PENGUMUMAN
Close