Ramadan Bulan Ibadah

12

SAAT ini, kita berada di satu bulan yang agung dan penuh berkah. Yakni bulan Ramadan. Bulan ini merupakan bulan puasa, bulan untuk salat malam (tarawih), serta untuk membaca Alquran. Bulan ini adalah bulan pembebasan dari neraka dan pengampunan. Bulan ini juga momentum untuk memperbanyak sedekah dan berbuat baik. Pada bulan ini pintu-pintu surga dibukakan, pahala kebaikan dilipatgandakan, dan kesalahan dimaafkan. Sebuah bulan, dimana doa umat manusia banyak dikabulkan, derajat mereka diangkat dan dosa-dosa diampuni.

Suatu bulan yang Allah jadikan berpuasa pada bulan itu sebagai salah satu rukun Islam. Oleh karena itu, Rasulullah berpuasa dan memerintahkan umatnya untuk berpuasa. Beliau memberi kabar gembira bahwa barang siapa yang berpuasa karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah, maka akan diampuni semua dosanya yang telah lewat. Dan barang siapa melaksanakan qiyamullail (salat malam/tarawih) karena iman dan berharap pahala dari Allah, maka akan diampuni semua dosanya dimasa lalu.

Pada bulan ini terdapat suatu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Barang siapa yang terhalang dari kebaikan pada malam itu berarti dia terhalangi dari kebaikannya.

Maka agungkanlah kehadirannya dengan niat yang lurus, bersungguh-sungguh menjaga puasa dan salat malamnya juga berlomba-lomba meraih berbagai kebaikannya. Segeralah bertaubat dengan benar dari segala dosa dan kesalahan. Bersungguh-sungguhlah dalam saling menasehati dan saling menolong dalam kebaikan dan ketakwaan.

Juga saling menasehati dalam amar ma’ruf dan nahi mungkar, agar selepas Ramadan kita menjadi orang yang sukses meraih kemuliaan dan kemenangan. Oleh karena itu pergunakanlah hari-hari di bulan Ramadan ini untuk meningkatkan ibadah dan amal saleh kita. (*/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here