Ragam Aktivitas Siswa Baru, Rewel Minta Pangku sampai Kelesotan

76
LINGKUNGAN BARU: Hari pertama masuk sekolah di SDN 1 Magetan, beberapa siswa masih ditunggui orang tuanya.

MAGETAN – Hari pertama masuk sekolah Senin (15/7) menimbulkan kesan kekeluargaan. Para orang tua murid sengaja dihadirkan di ruang kelas menemani anaknya sampai pulang sekolah. Di SDN 1 Magetan misalnya. Para orang tua diberi arahan oleh guru dalam penguatan pendidikan karakter anak. Baik itu saat di lingkungan rumah maupun ketika di sekolah.

Sekalipun sudah ditemani orang tuanya, masih ada saja peserta didik baru yang rewel. Bahkan, sampai kelesotan di lantai karena merasa kurang nyaman dengan suasana pembelajaran baru setelah libur panjang.

Beberapa anak juga masih tekesan malu-malu bergaul dengan teman baru mereka. Ujung-ujungnya, sebagian anak merengek ke orang tuanya minta dipangku dan tiduran di kursi. ‘’Memang ada yang masih ditungguin orang tuanya. Tentu harus pelan-pelan (beradaptasi), karena ini juga merupakan lingkungan baru,’’ kata wali kelas I SDN 1 Magetan Sri Winarsih.

Dari hasil pengamatan awal, diakuinya masih banyak siswa yang belum lancar membaca, menulis, dan berhitung (calistung). Sebagai langkah awal, setelah sepekan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS), pihaknya bakal menambah jam pelajaran sekitar 30 menit setelah pulang sekolah. ‘’Tapi itu semua akan kami bicarakan dengan wali murid. Tergantung mereka setuju pagi atau siang, saya ngikut,’’ ujarnya. (bel/c1/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here