Magetan

Putar Otak Ramaikan Pasar Baru Magetan

MAGETAN – Antusiasme pedagang Pasar Baru Magetan (PBM) menyambut Lebaran kembali bergairah. Hal itu mereka tunjukkan dengan membuka kembali kiosnya menjelang Lebaran setelah sebelumnya sempat tutup. Terutama para pedagang yang menempati kios di lantai dua. ‘’Itu tidak tutup, karena pengunjung sepi. Jadi, mending ditutup oleh pemiliknya,’’ terang Kasi Sarana dan Prasarana Pasar Disperindag Magetan Darmadji.

Dia berharap kondisi pasar sepi saat hari biasa itu tidak bertahan lama. Apalagi, pemkab juga berencana membuka mal pelayanan publik di lantas atas PBM. Dengan begitu, diharapkan dapat menarik jumlah kunjungan masyarakat ke pasar. Darmadji mencatata ada 355 pemilik kios yang menaruh harapan dari beroperasinya mal pelayanan publik (MPP) tersebut. ‘’Insyaallah kalau MPP sudah buka, bisa ramai,’’ katanya.

Cara lain yang ditempuh oleh pemkab untuk mendongkrak perputaran ekonomi di PBM adalah dengan merenovasi lantai atas bangunan tersebut. Hanya proses itu bakal dilakukan setelah Lebaran. Supaya tidak mengganggu aktivitas jual beli pedagang. ‘’Sayang kalau ramai, tapi malah ada kegiatan,’’ ujar Darmadji.

Selain merenovasi lantai atas, pihaknya juga bakal menata kembali area parkir pasar. Misalnya dengan merelokasi pedagang yang selama ini berjualan di area parkir timur. ‘’Untuk lokasi barunya masih dalam tahap perencanaan,’’ ungkapnya.

Darmadji menambahkan rencana penataan area parkir timur itu hingga menyentuh keberadaan air mancur. Sebab, penataannya disesuaikan dengan konsep perombakan Jalan Yos Sudarso. Dalam perencanannya banyak OPD yang terlibat. ‘’Ini kerja bareng. Banyak yang terlibat,’’ pungkasnya. (bel/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close