AdvertorialNgawi

Punya Langkah Jitu, DPRD Wonogiri Berguru Ilmu

Tiru Optimalisasi PAD DPRD Ngawi

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Keberhasilan DPRD Ngawi untuk urusan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) tidak bisa dipungkiri. Hal tersebut dibuktikan dengan kedatangan DPRD Wonogiri, Selasa (5/11). Mereka sengaja datang ke Bumi Orek-orek untuk studi banding terkait optimalisasi PAD. ‘’Ada sejumlah potensi PAD yang memang di Ngawi sudah dimunculkan, tapi di sana (Wonogiri) belum,’’ kata Ketua DPRD Ngawi Dwi Rianto Jatmiko.

Antok -sapaan akrab Dwi Rianto Jatmiko- mengungkapkan DPRD Ngawi selalu berupaya mendorong pemkab untuk dapat meningkatkan PAD. Sejumlah cara sudah dilakukan. Di antaranya melalui sistem pembayaran bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) yang terintegrasi. ‘’Selama ini sistemnya sudah terhubung langsung antara BPN (badan pertanahan nasional), Badan Keuangan dan PPAT (pejabat pembuat akta tanah),’’ jelasnya.

Selain itu, peningkatan PAD diupayakan melalui peralihan status puskesmas menjadi badan layanan umum daerah (BLUD). Dengan peralihan tersebut menurutnya puskesmas berkontribusi terhadap PAD melalui pendapatan lain-lain yang sah. Bersamaan itu, pelayanan di puskesmas dianggapnya menjadi lebih baik. ‘’Memang retribusinya jadi hilang, tapi dana kapitasi JKN (jaminan kesehatan nasional) itu bisa dikonversikan menjadi PAD,’’ paparnya.

Upaya tersebut dianggap efektif mendorong peningkatan PAD. Untuk itu, langkah-langkah tersebut direferensikannya kepada DPRD Wonogiri saat menerima kunjungan, Selasa (5/11). Kebetulan, langkah yang diambil olehnya belum diterapkan di Kota Gaplek itu. ‘’Peningkatan PAD itu memang cukup penting, karena berpengaruh pada kemampuan keuangan daerah,’’ tuturnya.

Dalam kunjungan tersebut, hadir Ketua DPRD Wonogiri Wawan Pribadi. Politikus PDIP itu didampingi para wakilnya. Sedangkan kunjungan ke DPRD Ngawi disebutnya bukan hanya sekali. Dalam sepakan kunjungan studi banding tamu dari luar daerah itu bisa dua kali. Mereka mengajak sharing program maupun inovasi yang dimilikinya. (tif/odi/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close