Puntung Rokok Bakar Hutan Gunung Duri

89

SLAHUNG – Lagi-lagi kawasan hutan Ponorogo terbakar. Kali ini giliran hutan Gunung Duri di Desa Duri, Kecamatan Slahung, yang membara. Tepatnya di petak 55E RPH Karangpatihan BKPH Ponorogo Barat Tanah Turut. ‘’Kami mendapat laporan dari warga setempat dan pengendara yang melintas,’’ kata Kapolsek Slahung AKP Paidi, Selasa (10/7).

Api diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang pengendara. Kencangnya angin membuat api dengan cepat membakar ranting dan daun kering di sekitar lokasi sebelum akhirnya lahan seluas tiga hektare yang ditumbuhi pohon alba itu dilalap si jago merah. ‘’Beruntung tidak ada korban jiwa dan lokasi jauh dari perkampungan warga,’’ ujar kapolsek.

Paidi menyebut, proses pemadaman api terkendala medan berat berupa pegunungan. Pun petugas hanya menggunakan alat seadanya seperti ranting basah dan goni. Personel polsek, koramil, dan polhut dibantu warga setempat baru dapat memadamkan api tiga jam kemudian. ‘’Kejadiannya Senin (9/7) sekitar pukul 08.00,’’ tutur Paidi.

Pihaknya berharap warga tidak membuang puntung rokok sembarangan. Apalagi, di kawasan hutan yang saat ini banyak daun dan ranting kering bersamaan datangnya musim kemarau. ‘’Tidak hanya di hutan, juga di kampung, kalau ada anak yang bermain api segera dicegah. Musim ini intinya jangan main-main dengan api,’’ tegasnya.

Pun dia mengimbau warga yang melihat ada titik api di kawasan hutan segera melapor ke petugas. ‘’Api dapat membesar hanya dalam waktu sekian detik. Angin kencang membuat api cepat berkobar. Oleh karena itu, hati-hati,’’ tekannya. (mg7/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here