Puluhan Pohon Tumbang Timpa Rumah dan Tutup Jalan

60

MAGETAN – Hujan deras disertai angin kencang menghajar sejumlah wilayah di Magetan, Sabtu (12/1). Banyak pohon berumur yang roboh di jalan dan menimpa sejumlah rumah warga. ’’Ada empat titik terdampak bencana, total 20 pohon yang tumbang,’’ ujar Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Fery Yoga Saputra.

Kata dia, pohon yang tumbang itu rata-rata berdiameter 20 centimeter. Tidak ada korban jiwa. Meskipun demikian menurut fery, dampak dari tumbangnya pohon tersebut sempat menyebabkan akses jalan tertutup, merusak jaringan listrik, dan bangunan milik warga atau fasilitas umum hancur. Kondisi ini tidak menutup kemungkinan akan bertambah lebih lagi. ’’Puncak dari adanya hujan terjadi bulan Januari sampai Februari, ‘’ucapnya.

Sementara itu, pihaknya menilai dari semua kejadian yang terjadi saat ini banyak menimpa lokasi tidak ada dalam pantauan titik utama. Sehingga tim yang berada di bawah kendali Pusdalops harus membagi tugas dengan anggota bertugas posko siaga darurat sesuai perintah dari Bupati Magetan Suprawoto.

Kendati demikian Fery menghimbau kepada semua masyarakat khususnya Magetan untuk tetap waspada. Dan selalu berhati hati akan adanya cuaca ekstrem yang tiba sewaktu waktu. Disisi lain, warga juga diharap untuk lebih memperhatikan kondisi pohon pohon yang berada tidak jauh dari area rumahnya sebagai antisipati angin kencang merubuhkan pohon tersebut. Dengan adanya kondisi kejadian seperti saat ini, BPBD tidak mengendorkan pantauan yang akan dilakukan anggotanya dengan TRC yang berada di wilayah masing masing. Sehingga kordinasi yang terjadi bisa segera direaliasasikan secepat mungkin. ‘’Kalau ada pohon yang daun dan rantingya lebat bisa segera dipangkas,’’ pungkasnya. (mgc/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here