AdvertorialNgawi

Puluhan Penyanyi Lokal Ngawi Rasakan Polesan Bertha

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Siapa tidak kenal dengan Bertha. Minggu lalu (13/10), penyanyi sekaligus pelatih vokal ternama di Indonesia itu sengaja diundang ke Ngawi untuk memberikan coaching clinic kepada puluhan warga setempat yang memiliki bakat dalam dunia tarik suara. ‘’Supaya bakatnya bisa lebih berkembang,’’ kata Sekretaris Daerah (Sekda) Ngawi Mokh. Sodiq Triwidiyanto Senin (14/10).

Kegiatan coaching clinic di gedung kesenian itu diikuti sekitar 40 peserta. Mereka mendapatkan berbagai teknik olah vokal dari Bertha. ‘’Menyanyi tidak sekadar melantunkan lirik, tapi ternyata juga ada kaitannya dengan kapasitas seseorang. Salah satunya tentang harmonisasi dan kepemimpinan,’’ ujar Sodiq mengutip penjelasan pelatih vokal bernama asli Etta Herawati itu.

Sodiq mengatakan, dalam bernyanyi harus mampu menjaga harmonisasi dengan musik pengiring. Pun, seorang penyanyi harus paham betul alat musik yang mengiringi. ‘’Banyak ilmu yang diajarkan Mbak Bertha, termasuk cara memegang mikrofon yang ternyata kaitannya dengan kepemimpinan,’’ paparnya.

Sodiq berharap, lewat coaching clinic diharapkan muncul penyanyi potensial yang kelak mampu mengerek nama Ngawi di level nasional, bahkan internasional. ‘’Ini jadi salah satu cara kami untuk meng-endorse nama Ngawi supaya lebih dikenal,’’ tuturnya.

Sodiq menambahkan, pada coaching clinic selanjutnya tidak menutup kemungkinan diikuti peserta dari luar daerah. Pun, bakal diserahkan sepenuhnya kepada kalangan anak muda untuk mengelolanya. ‘’Kalau difasilitasi terus tidak akan mandiri,’’ katanya. (tif/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close