Puluhan Pendaki Dievakuasi dari Puncak

56

MAGETAN – Kondisi puluhan pendaki yang tertahan di puncak Lawu dipastikan aman. Pasalnya, kobaran api berada di titik yang cukup jauh dari jalur pendakian. ‘’Para pendaki mulai turun,’’ kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan Fery Yoga Saputra, Selasa (11/9).

Dia mengatakan, para pendaki masih berada di jalur aman. Api hanya mendekati pos 5 jalur pendakian Cetho. Karena itu, dia berani memastikan bahwa kondisi mereka relatif aman dan bisa turun dengan selamat. ‘’Para pendaki tidak ada yang terjebak api,’’ tegasnya.

Fery menyebut, dari pendataan terakhir terdapat hampir 100 pendaki yang masih berada di puncak. Perinciannya, 62 naik via Cemoro Sewu, 22 melalui Cemoro Kandang, serta satu rombongan yang tak diketahui jumlahnya via Candi Cetho. ‘’Mereka semua diimbau segera turun,’’ tuturnya.

Dia menambahkan, para pendaki dikawal petugas gabungan saat turun. Mereka turun melalui jalur awal saat melakukan pendakian. ‘’Jadi, tidak ada pengalihan jalur,’’ ujarnya sembari menyebut pihaknya bakal terus mengevakuasi semua pendaki dari kawasan puncak.

Pantauan Radar Magetan di gerbang jalur pendakian Cemoro Sewu, sejumlah tenda milik damkar dan Basarnas masih berdiri di sekitar lokasi itu. Sementara, sejumlah pengunjung tampak berfoto selfie di depan gerbang. Pun terdapat papan dan surat Perhutani berisi pemberitahuan penutupan jalur pendakian.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 100 pendaki tertahan di puncak Lawu. Mereka berhasil naik lantaran pada Minggu (9/9) jalur pendakian via Cemoro Sewu sempat dibuka pascatutup sejak 3 September. Berselang sehari, jalur kembali ditutup lantaran lereng Lawu di wilayah Jogorogo kembali terbakar. (mg4/c1/isd)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here