Puluhan Massa Pendukung 02 Turun ke Jalan

257

PACITAN – Puluhan massa pendukung pasangan calon (paslon) presiden-wakil presiden  nomor 02, Prabowo-Sandi turun ke jalan. Mereka menggelar aksi damai di tiga lokasi dengan membentangkan banner bertuliskan perolehan suara kedua paslon sepanjang 12 meter sekitar pukul 15.00 Jum’at (10/5). ‘’Kami juga paparan perolehan suara di depan KPU, depan Masjid Agung dan titik nol Pacitan,’’ kata Sonhaji, koordinator lapanagn aksi.

Menurut dia, aksi tersebut bukan untuk mempersoalkan perolehan suara. Bukan pula soal menang kalah paslon yang mereka dukung. Paparan perolehan suara tersebut diharapkan tidak berubah saat penghitungan di tingkat KPU RI. ‘’Akan kami kawal suara di tingkat provinsi sampai nasional,’’ tambahnya.

Dia menambahkan, paparan perolehan suara tersebut juga bukan berarti pihaknya tidak percaya KPU. Pihaknya sekadar ingin terbuka melalui aksi damai yang juga bakal diunggah ke sejumlah platform digital itu. Bahkan, Sonhaji menilai pemilu di Pacitan tanpa kecurangan. ‘’Kalau pun ada cuma nol sekian persen. Tidak berpengaruh signifikan,’’ imbuhnya.

Pihaknya mengapresiasi aparat TNI-Polri di Pacitan. Mereka dinilai netral menjalankan tugas selama pelaksanaan Pemilu 2019. Pun tingkat partisipasi pemilih yang cenderung meningkat. Terkait hasil pemilu, Pihaknya legawa. Bahkan memberi dukungan. ‘’Katakanlah paslon nomor 01 menang, kalau diawali kejujuran kami akan back up dan dukung. Begitu sebaliknya. Kami ikut legitimasi dan bela calon,’’ tambahnya.

Aksi damai tersebut juga diikuti kelompok yang tergabung dalam Aliansi Emak-Emak. Selain paparan perolehan suara, banner yang terbentang di antaranya bertuliskan terima kasih kepada KPU Pacitan karena dianggap sukses menyelenggarakan pemilu. (odi/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here