Puluhan Kendaraan Overload dan Overdimensi Dihadiahi Tilang

102

PONOROGO – Kendaraan bermuatan overload sudah terbukti berbahaya jika melaju di jalanan. Terlebih di jalur nasional yang padat lalu lintas. Karena itu, petugas Dishub dan LLAJ Jatim tidak mau kompromi mendapati kendaraan yang menyalahi aturan saat menggelar razia di Jalan Trunojoyo, Senin (13/8).

Sedikitnya 40 kendaraan angkutan barang yang dikenai sanksi tilang lantaran membawa muatan berlebih dan bodi tidak standar alias overdimensi. ‘’Paling banyak truk pengangkut galian C,’’ kata Kasi Pengendalian dan Operasional Dishub dan LLAJ Jatim Rahmad Sugriwo.

Dalam razia yang dimulai pukul 08.00 tersebut, petugas juga mengecek kondisi bodi kendaraan. Truk overdimensi, semisal panjangnya ditambah, langsung ditilang. Pun petugas memeriksa kelengkapan berkendara seperti SIM, STNK, serta buku uji kir.

Dia menyatakan, pengecekan beban dan dimensi kendaraan sangat penting. Sebab, truk yang muatannya berlebih membahayakan pengguna jalan. Juga menyebabkan jalan rusak. ‘’Kalau itu terus dibiarkan akan membawa dampak kecelakaan karena suspensi rem tidak sesuai dengan konstruksi yang ada,’’ jelas Rahmad.

Rahmad menambahkan, operasi tersebut juga bertujuan menegakkan pasal-pasal dalam aturan yang ada. Antara lain, pasal 208 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan terkait budaya keselamatan jalan. Selain itu, pasal 70 PP Nomor 74 Tahun 2014 tentang Angkutan Jalan. ‘’Kendaraan yang menyalahi JBI (jumlah berat tonase yang diizinkan, Red) diberi sanksi sesuai aturan yang berlaku,’’ pungkasnya. (her/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here