Mejayan

Pulang Surabaya Kena Korona

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Madiun dari pelaku perjalanan kembali marak. Dua di antara empat pasien baru data tambahan kemarin (7/10) punya riwayat ke luar daerah. ‘’Keduanya sama-sama memanfaatkan transportasi bus,’’ kata Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Madiun Mashudi.

Mashudi mengungkapkan, kedua pasien itu HS, 39, warga Desa Bangunsari, Dolopo, dan SP, 40, warga Desa Jatisari, Geger. Keduanya melakukan perjalanan dari Surabaya Rabu, 21 September lalu. HS terkonfirmasi 29 September dan SP sehari berselang. ‘’Keduanya dirawat di RSUD Dolopo,’’ ujarnya.

Petugas medis berhasil melacak sembilan penyandang kontak erat dari HS dan SP. Semuanya menjalani isolasi mandiri di rumah. ‘’HS punya kontak erat dengan istri, dua anak, dan dua tetangga yang masih kerabatnya. Kalau SP, istri dan tiga anaknya,’’ bebernya.

Mashudi mengatakan, pasien dari aktivitas perjalanan mengingatkan kasus di awal pandemi Covid-19. Seperti pada momen Lebaran ketika banyak warga pulang kampung terinfeksi korona. Lingkaran persebaran Covid-19 sulit terhenti tanpa didukung kesadaran masyarakat. ‘’Kalau memang tidak benar-benar penting, kami meminta tidak bepergian. Jika ingin berlibur, wisata di Kabupaten Madiun juga sudah buka meski ada pembatasan,’’ terangnya.

Sementara, dua pasien tambahan lain dari Desa Kaligunting, Mejayan, dan Candimulyo, Dolopo. Masing-masing berinisial WD, laki-laki 40 tahun, dan SM, perempuan 75 tahun. ‘’SM dirawat di RSUD Dolopo dengan komorbid stroke ringan,’’ ujar Mashudi seraya menyebut WD dirawat di salah satu rumah sakit di Surabaya.

Mantan camat Dolopo ini menyebutkan, total kumulatif 124 kasus positif. Sebanyak 96 orang sembuh dan 19 masih dirawat. ‘’Hari ini (kemarin, Red) satu pasien di Desa Klumutan, Saradan, sembuh,’’ pungkasnya. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close