PT JNK Antisipasi Kemacetan Mudik Lebaran

26

MADIUN – PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) tak ingin malu. Prediksi peningkatan tiga kali lipat kendaraan diantisipasi dengan membuka enam gardu loket di gerbang Tol Madiun. ‘’Jika hari biasa tak bisa dibuka semuanya, momen mudik kali ini berbeda,’’ ujar Direktur Utama PT JNK Iwan Moedyarno.

Rekayasa lalu-lintasnya memprioritaskan pemanfaatan gardu lebih banyak bagi kendaraan keluar ketimbang masuk. Komposisinya, lima banding satu. Strategi itu diterapkan lantaran waktu yang digunakan kendaraan memasuki gerbang tidak selama ketika keluar. Karena, masuk cukup dengan menempelkan e-Tol, sedangkan keluar perlu transaksi pembayaran. ‘’Yang membuat antrean panjang kan transaksi itu,’’ tegasnya.

Lamanya transaksi hingga berpotensi menimbulkan kemacetan dipengaruhi kesiapan para pengemudinya sendiri. Paling krusial, tidak bisa memastikan saldo kartunya apakah masih mencukupi. Bila kurang, otomatis harus melakukan top-up yang prosesnya tidak bisa cepat. Sementara transaksi itu berlangsung, antrean kendaraan telah mengular di belakangnya. ‘’Selain menyusahkan diri sendiri, juga merugikan orang lain,’’ ucapnya kepada Radar Caruban.  

Rekayasa yang diterapkan PT JNK sifatnya kondisional ketika penumpukan kendaraan signifikan. Ketika panjang antrean mencapai 100 hingga 150 meter. Petugas segera membuka gardu lainnya dan mengalihkan kendaraan yang sudah antre lama. Akan tetapi, PT JNK belum bisa memprediksi kapan potensi kemacetan terjadi. Mengingat faktor penyebab tidak sekadar lonjakan kendaraan menjadi 24 ribu kendaraan per hari dari biasanya 6.500. Melainkan kesiapan dari para pengguna tol. ‘’Memungkinkan (macet) karena berdasar LHR (lalu lintas harian) sebanyak 60 persen pengguna jalan rute terusan dari Surabaya,’’ kata Iwan.

Penambahan 48 personel disiagakan untuk menunjang pengaturan tersebut. Puluhan petugas ditempatkan di setiap gardu. Juga, berkeliling melakukan pemantauan. Pihaknya juga telah menyiapkan mobile rider untuk mengurai kemacetan. ‘’Seharusnya bisa lebih lancar ketimbang mudik tahun lalu karena ruas tol Wilangan sudah dibuka,’’ ujarnya. (cor/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here