Proyeksikan Gunung Bedah Jadi Objek Wisata

473

MADIUN – Menghidupkan desa wisata mustahil terlaksana tanpa disengkuyung warganya. Tantangan itu yang kini sedang dihadapi Pemdes Nglambangan untuk menggeliatkan kembali wisata Gunung Bedah.

Kades Nglambangan Jumani tak menampik belahan bukit puluhan meter di salah satu desa di Kecamatan Wungu itu kini semakin tidak terawat. Memang, bukit yang konon menjadi tempat persembunyian pejuang di masa penjajah itu kerap menjadi jujukan untuk mencari rumput dan kayu. Sebelum kawasan itu diramaikan kunjungan wisatawan. ‘’Bagaimanapun, Gunung Bedah sangat potensial menjadi tempat wisata,’’ tegasnya.

Pemdes berencana mengkaji kembali perbaikan dan penataan kawasan itu di masa depan. Sejauh ini pun, pemdes telah merabat beton akses jalan di sekitarnya. Meskipun belum sampai menjangkau titik utama kawasan wisata tersebut. ‘’Agar jalannya tak lagi becek seperti di musim hujan ini,’’ ujarnya.

Selain Gunung Bedah, desa ini juga memiliki Punden Lambung Kuning. Situs budaya yang kini sudah didaftarkan di Balai Pelestarian Cagar Budaya Trowulan itu tak kalah merana. Tinggal sedikit polesan, dua objek wisata yang cukup fotogenik itu bakal memesona. Apalagi, dilengkapi fasilitas penunjang seperti di objek wisata alam pada umumnya. Semisal, payung, gazebo, kursi, dan sederet spot selfie lainnya. Atau, sekadar memperbaiki tekstur tulisan tebing yang sudah hilang satu per satu itu. (mg4/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here