Proyek Waduk Tukul Ditarget Rampung Tahun Ini

72

PACITAN – Megaproyek pembangunan Waduk Tukul ditargetkan rampung 2019 ini. Namun, hingga memasuki awal tahun, Pemkab Pacitan ’’buta” progres pekerjaan waduk yang dimulai 2013 lalu itu. Pasalnya, tidak ada informasi berkala dari Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS). ‘’Kami belum menerima,’’ kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Setkab Pacitan Joni Maryono kemarin (10/1).

Meski tidak ditembusi, Joni menganggap wajar. Sebab, secara struktural BBWSBS memang tidak wajib memberi laporan pekerjaan ke Pemkab Pacitan. Menurut Joni, perkembangan proyek Waduk Tukul bisa didapatkan jika pihaknya meminta. ‘’Kalau kami minta baru dikasih,’’ ujarnya.

Namun, Joni percaya pada pelaksana proyek Waduk Tukul. Pasalnya, mereka juga memiliki tanggung jawab pekerjaan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Itu pun dilaporkan dalam pertanggungjawaban serapan anggaran pendapatan dan belanja nasional (APBN) setiap tahun. ‘’Kalau tidak sesuai akan dikenakan sanksi karena dasar undang-undangnya juga sama,’’ tegasnya.

Meski begitu, Joni berharap pembangunan Waduk Tukul segera dirampungkan lantaran memiliki berbagai fungsi. Baik untuk pertanian, pariwisata, perindustrian, perdagangan, dan lainnya. Jika Waduk Tukul jadi, kesejahteraan warga Pacitan disebutnya makin terjamin. ‘’Kalau selesai 2019, nanti ada perputaran ekonomi di sana,’’ ungkapnya.

Menurut dia, air Waduk Tukul mampu menunjang pembangkit listrik di Pacitan. Pun kebutuhan air baku tercukupi. Sehingga, pendapatan asli daerah (PAD) makin terkerek. Salah satunya sumbangan dari perusahaan daerah air minum (PDAM). ‘’Saat ini PDAM memanfaatkan Sungai Grindulu yang dipompa dengan memanfaatkan pola gravitasi biaya produksi lebih murah. PDAM bisa dapat keuntungan juga dari sana, ’’ jelasnya.

Sayangnya, Kabag Humas PT Brantas Abipraya (Persero) Anang belum bisa membeber  progres pekerjaan Waduk Tukul. Menurut dia, untuk merilis data, dia harus berkoordinasi dengan BBWSBS selaku pihak yang berwenang terkait pembangunan Waduk Tukul. ‘’Untuk menyampaikan progres bukan wewenang saya, kami cuma pelaksana,’’ kilahnya. (odi/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here