Proyek Renovasi Pasar Baru Magetan Segera Dilelang

47

MAGETAN – Rencana pemkab merenovasi sebagian bangunan Pasar Baru Magetan (PBM) kembali bergulir. Sebelumnya, kegiatan itu sempat tertunda karena mengalami gagal lelang. ‘’Mudah-mudahan pelelangan kedua ini bisa ada pemenangnya. Supaya segera dikerjakan dan dioperasionalkan,’’ harap Bupati Magetan Suprawoto Selasa (18/6).

Dalam tahap ini pembangunan menyentuh lantai dua pasar. Alokasi anggarannya mencapai Rp 750 juta. Konsepnya berupa penyediaan mal pelayanan publik di PBM. ‘’Kemarin sudah saya tekankan, cepat-cepat. Tapi, harus tepat,’’ kata bupati yang biasa disapa Kang Woto itu.

Bahkan, pihaknya sudah meminta bantuan kepada TP4D untuk mengawal dan mengawasi paket kegiatan itu mulai dari tahap lelang. Serta memberikan pendampingan kepada pejabat pembuat komitmen (PPK) dan kuasa pengguna anggaran (KPA) dalam mengambil tindakan. ‘’Sudah saya tekankan juga, kalau khawatir minta pendampingan TP4D,’’ tuturnya.

Perlu diketahui proyek renovasi PBM lantai dua itu digawangi oleh DPUPR. Saat ini, dokumen lelang sudah masuk di bagian ULP. Hanya tinggal dievaluasi. Baru setelah itu dilakukan lelang penawaran secara terbuka. ‘’Berkas sudah kami terima kembali. Ini masih dalam proses,’’ ujar Kepala ULP Setdakab Magetan, Elmy Kurnianto.

Sebelumnya, dia mengaku berkas itu sempat dikembalikan. Karena pada tahun lalu mengalami gagal lelang. ‘’Pelelangan itu hanya sebagian kecil dari proses pembangunan. Tapi, vital (peranannya),’’ ungkapnya.

Elmy menambahkan jika belajar pada pengalaman tahun-tahun sebelumnya, OPD semestinya sudah mengajukan dokumen lelang pada awal tahun. Kondisi itu untuk mengantisipasi adanya permasalahan saat proses lelang berjalan. ‘’Sudah otomatis, kalau semisal pelelangan molor, pelaksanaannya juga mundur,’’ jelasnya. (bel/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here