Magetan

Proses Rekapitulasi KPU Bisa Molor

MAGETAN – Proses rekapitulasi perolehan suara pemilu 2019 di tingkat KPU Magetan berjalan lamban. Prediksi pihak KPU bisa merekapitulasi perolehan suara di 12 kecamatan kemarin (30/4) meleset. Mereka memperkirakan proses itu berlangsung sampai dengan Rabu (1/5) dini hari. ‘’Penghitungannya memang harus hati-hati,’’ terang Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Magetan Edy Wiyono.

Meski begitu, dia menyatakan proses tersebut bisa selesai pada hari ini. ‘’Target kami memang dua hari rekapitulasi. Akan kami maksimalkan waktu yang ada,’’ ujarnya.

Edy menjelaskan target dua hari rekapitulasi itu mendasar pada estimasi penghitungan setiap kecamatan yang hanya menghabiskan waktu selama satu jam. Namun, pada kenyataannya membutuhkan waktu sekitar dua jam. Kondisi itu lebih disebabkan karena adanya kesalahan penyebutan angka yang disampaikan oleh PPK. ‘’Sehingga, harus benar-benar klir,’’ jelasnya.

Faktor lainnya adalah pengajuan keberatan dari saksi partai politik (parpol). Kondisi itu, menurutnya, makin memperpanjang durasi rapat pleno rekapitulasi. Karena KPU mesti memberikan ruang bagi saksi untuk menyampaikan keberatannya. ‘’Tapi, pada intinya tidak ada permasalahan yang berarti,’’ terangnya.

Ketua Bawaslu Magetan Hendrad Subyakto mengatakan, protes-protes selama penghitungan suara memang hal wajar. Kasus itu terjadi pada saat rekapitulasi Kecamatan Poncol, Panekan, dan Plaosan. Namun, sejauh ini, menurut Hendrad, keberatan yang disampaikan selama rapat pleno bisa diselesaikan pada saat itu juga. ‘’Protes selama penghitungan kali ini masih pada tahap wajar,’’ terangnya. (bel/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close