MadiunSport

Problem Anggaran Melilit Cabor Renang

MADIUN – Keluhan masih sama. Nyaris semua cabang olahraga (cabor) terlilit problem anggaran menjelang gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Jawa Timur. Tanpa terkecuali cabor renang dan selam. Sampai saat ini dana hibah dari pemkot juga tak kunjung cair. ’’Saya tidak mau menyebutkan target, yang penting disana nanti berusaha maksimal,’’ ujar Rahmat Fauzan, sekretaris Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kota Madiun.

Menurut Fauzan, cabor renang dan selam selama ini berjuang sendiri untuk pembinaan dan urusan prestasi para atletnya. Sedangkan Kota Madiun dianggap kurang memperhatikan cabor yang rutin menyumbang medali di ajang porprov itu. Selama gelaran porprov, cabor renang hanya gagal meraih medali satu kali. Yakni, pada gelaran Porprov V Banyuwangi. ’’Cabor renang di porprov VI mengirim empat atlet, satu putra dan tiga putri,’’ jelasnya.

Sedangkan cabor selam berjumlah lima atlet. Para atlet renang dan selam memang baru pertama terjun di porprov. Namun, sebenarnya mereka sudah sering mengikuti kejuaraan renang sampai level provinsi.  ’’Jam terbang rata-rata lumayan tinggi,’’ ujarnya.

Pria berusia 39 tahun itu menambahkan, dari empat atlet renang yang akan berlaga di porprov terbilang masih muda. Yakni, rentang usia 12-16 tahun dari batas usia maksimal 18 tahun. Sedangkan atlet selam yang akan dikirim, mulai usia 14-19 tahun dari batas usia maksimal 21 tahun.

Meski enggan menyampaikan perihal target, Fauzan memastikan cabor renang dan selam tidak berleha-leha menyambut porprov. Justru, persiapan sudah dilakukan sejak setahun yang lalu. ’’Ada atau tidak ada event kita tetap latihan,’’ ujarnya.

Latihan biasanya seminggu enam kali. Mulai Januari kemarin, latihan sembilan kali dalam seminggu. Yaitu, setiap sore kecuali Jumat, dan di hari Selasa, Kamis, Minggu pagi. Pria yang juga menjabat sebagai sekretaris salah satu klub renang di Kota Madiun itu menambahkan bahwa asupan suplemen, susu, dan keperluan lain di tanggung masing-masing atlet yang akan bertanding di Gresik, Juli mendatang. (mgd/ota)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close