KriminalitasPacitan

Pria Lulusan S-2 Curi Kotak Amal

Duit yang Diambil Rp 257 Ribu

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Gelar pendidikan tinggi tidak menjamin perilakunya terpuji. Agus Riyadi asal Desa Temboro, Karangtengah, Wonogiri, Jawa Tengah, contohnya. Bergelar magister alias lulusan S-2, pria 39 tahun itu diduga mencuri uang kotak amal masjid di Dusun Maron, Dersono, Pringkuku, Selasa (12/11).

Polisi yang mengamankan pelaku setelah ditangkap warga setempat dibuat geleng-geleng kepala. Sebab, gelar tinggi yang dienyam duda itu tidak sebanding dengan uang yang dicuri. ‘’Lulusan S-2 dan uang yang diambil Rp 257 ribu,’’ kata Kapolsek Pringkuku Iptu Sunaryo.

Penangkapan diawali saat seorang warga melihat Agus di dalam masjid sekitar pukul 08.00. Posisi pelaku tidak jauh dari kotak amal. Tak lama kemudian, Agus keluar dengan gestur terburu-buru. ‘’Karena di masjid sering kehilangan uang kotak amal, warga itu masuk mengecek. Ternyata kotak amal sudah dalam keadaan rusak,’’ bebernya.

Warga itu langsung berteriak maling. Di saat bersamaan Agus sedang mengisi bahan bakar motor Honda Beat nopol AD 5605 KI yang dikendarainya di salah satu warung tak jauh dari masjid. Ketika menyadari ulah panjang tangannya tepergok warga, dia langsung melesat. Aksi kejar-kejaran pun terjadi. ‘’Pelaku terjatuh dari motor saat berusaha menghindari hadangan warga,’’ imbuh Sunaryo.

Kepada penyidik, Agus mengaku nekat mencuri untuk membayar utang. ‘’Pelaku mengambil uang di kotak amal dengan mencongkel menggunakan obeng,’’ terangnya. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close