Presiden Jokowi Bakal Sambangi Benteng Van den Bosch

214

NGAWI – Benteng Van den Bosch akan jadi tujuan Presiden RI Jokowi saat singgah di Ngawi, Jumat hari ini (1/2). Geladi resik sudah dilakukan kemarin (31/1). Bupati Ngawi Budi ’’Kanang’’ Sulistyono mengecek langsung kesiapan. ’’Hanya singgah sebentar, tidak lama. Paling cuma sekitar 30 menit kalau melihat jadwalnya,’’ kata Kanang.

Agenda utama presiden berada di Magetan dan beberapa daerah lain di Jawa Tengah. Sedangkan di Bumi Orek-Orek, hanya kebetulan singgah. Setelah dari Ngawi, Presiden akan bertolak menuju Pati atau Kudus. ’’Pak Presiden ingin melihat langsung peninggalan bersejarah yang luar biasa di Ngawi,’’ ujarnya.

Meski hanya sebentar, namun kehadiran mantan wali kota Solo di Ngawi itu akan disambut dengan senang hati pemkab maupun warga. Apalagi lokasi tujuan untuk singgah di Benteng Pendem yang notabene merupakan ikon Ngawi. ‘’Kami berharap Pak Presiden setelah ini (kunjungan, Red) akan memberikan perhatian khusus pada keberadaan benteng ini,’’ tuturnya.

Sebab, jika melihat situasi dan kondisi Benteng Pendem sekarang, apabila tidak segera mendapat sentuhan renovasi, dipastikan bakal hilang. Makanya, Kanang tidak memungkiri setelah presiden Jokowi melihatnya secara langsung, ke depan ada perhatian khusus dari pemerintah pusat. ‘’Harapannya pemerintah mau sharing untuk pembiayaannya (renovasi, Red),’’ ucapnya.

Selama ini pemerintah daerah setempat memang berupaya untuk merenovasi Benteng Pendem. Tujuannya supaya keberadaannya tidak musnah karena dimakan usia. Belum lama ini, Pemkab Ngawi juga sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat untuk renovasi. Namun, bantuan tersebut belum menyentuh pada bangunan utama benteng. ’’Sekarang saja dengan sedikit renovasi sudah kelihatan bagus, apalagi jika bisa menyeluruh sampai kembali ke bentuk aslinya,’’ paparnya.

Menurut informasi yang diterima koran ini, Jokowi mampir ke Benteng Pendem sekitar pukul 13.00. Di samping akan diajak melihat-lihat langsung seputar bangunan benteng peninggalan zaman Belanda itu, Jokowi juga bakal disuguhi aneka produk unggulan khas Ngawi. Terutama yang diproduksi oleh para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) setempat. ’’Mudah-mudahan walau hanya singgah sebentar tapi kunjungan presiden nanti memberi dampak positif bagi Ngawi,’’ harap Bupati Kanang.

Komandan Batalyon Armed 12/155 Angicipi Yudha Ngawi Mayor Arm Ronald F. Siwabessy menyambut gembira atas kunjungan Presiden Jokowi. Ronald menyebut keberadaan benteng Van den Bosch sampai saat ini memang menjadi aset milik TNI-AD. Tapi, dia tidak memungkiri bila sekarang benteng itu sudah menjadi milik bersama dengan warga Ngawi. ’’Tentu dengan kehadiran Pak Presiden ke benteng ini akan memberi sumbangsih besar terhadap perkembangannya dan pariwisata lain,’’ ungkapnya. (tif/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here