Prediksi Pengamat: Religius-Nasionalis Dominasi Dapil 2

106

PONOROGO – Calon pemilih dari kalangan religius-nasionalis mendominasi daerah pemilihan (dapil) 2. Dapil yang terdiri dari Kecamatan Jenangan, Siman, Jetis, dan Mlarak itu menjadi salah satu dapil yang paling seru perebutan kursinya di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 lalu. Tahun ini diprediksi sama. Sejumlah partai politik (parpol) diyakini tetap mempertahankan dominasinya di dapil 2. ‘’Pemilih di dapil 2 kebanyakan masyarakat dengan karakteristik religius,’’ kata pengamat politik lokal Bambang Widyahseno kemarin (30/1).

Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Ponorogo itu menilai persaingan perebutan kursi legislatif di dapil 2 cukup seru. Pada Pileg 2014 lalu, delapan calon legislatif (caleg) berhasil berangkat ke gedung DPRD. Angka partisipasi pemilih di dapil tersebut juga terbilang tinggi. Mengutip data KPU, 102.559 pemilih menggunakan hak pilihnya dari dapil tersebut. Sementara, daftar pemilih tetap (DPT) pada 2014 lalu diketahui sebanyak 139.774 pemilih.

Menurut Bambang, sejumlah parpol akan moncer di dapil 2. PKB khususnya, diyakini sanggup merebut kursi dari kantong suara kalangan nahdliyin. Beberapa parpol seperti PAN, PDI-Perjuangan, atau Partai Golkar juga berpeluang moncer. Tantangan, kata Bambang, dihadapi Partai Nasdem. ‘’Parpol lainnya cukup berat. Kecuali Nasdem, yang mungkin bisa merangsek karena pendanaan mereka saat ini bagus,’’ terangnya.

Tantangan, lanjut Bambang, juga dihadapi para petahana dari berbagai parpol tersebut. Mereka yang telah memiliki konstituen tetap diyakini paling berpeluang melenggang lagi ke gedung DPRD. Namun dengan catatan, jika citra mereka selama ini baik di konstituen. Selain juga didukung logistik yang mumpuni. ‘’Tantangannya tinggal pada parpol-parpol yang selama ini kurang menonjol di dapil 2. Bisa menyaingi tidak, kuncinya lagi-lagi adalah logistik yang dimiliki para caleg dan parpol,’’ tandas Bambang. (naz/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here