Prancis Termahal, Panama Termurah

242

AMBISI Prancis meraih gelar Piala Dunia 2018 berbanding lurus dengan nilai jual para pemainnya. Karena tim besutan Didier Deschamps tersebut bermaterikan pemain dengan banderol total paling mahal. Mengalahkan Jerman, Inggris, Brasil, dan Spanyol.

Sesuai data dari transfermrkt, nilai jual pasar keseluruhan skuad Prancis mencapai 1,08 triliun euro (Rp 17,5 triliun) dari 23 pemain yang mereka daftarkan ke Rusia. Kylian Mbappe menjadi pemain dengan nilai jual tertinggi sebesar 120 juta euro. Lalu, disusul oleh Antoine Griezman (100 juta euro), Paul Pogba (90 juta euro) dan Ousmane Dembele (80 juta euro).

Di bawah Prancis ada Spanyol. Skuad Julen Lopetegui mempunyai total nilai jual sekitar 1,04 triliun euro (Rp 16,9 triliun). Gelandang Barcelona Sergio Busquets menjadi pemain dengan release clause tertinggi sekitar Rp 80 juta euro. Setelah itu disusul duo gelandang Real Madrid, Isco Alcoron, dan Marco Asensio masing-masing dengan harga 75 juta euro.

Timnas Brasil berada di urutan selanjutnya sebagai negara dengan skuad termahal. Tim Samba memiliki total nilai pasar sebesar 950 juta euro (Rp 15,4 triliun). Neymar Jr menjadi pemain termahal Brasil yang dibawa Tite terbang ke Rusia. Nilai banderolnya mencapai 180 juta euro. Kemudian Philippe Coutinho menguntit dibawa pemain PSG tersebut dengan nilai jual Rp 100 juta euro.

Setelah Prancis, Spanyol, dan Brasil, status skuad termahal di Piala Dunia 2018 selanjutnya dipegang oleh timnas Inggris. Tim besutan Gareth Southgate itu setidaknya menyertakan 23 pemainnya ke Rusia dengan banderol mencapai 900 juta euro (Rp 14,7 triliun). Penyerang Tottenham Hotspurs Harry Kane menjadi pemain dengan nilai harga jual tertinggi mencapai 150 juta euro. Disusul rekan setimnya Kane di Spurs, Delle Alli senilai 100 juta euro.

Terakhir adalah Jerman. Keberadaan skuad besutan Joachim Loew itu memilih harga jual keseluruhan mencapai 872 juta euro (Rp 14,14 triliun). Gelandang Real Madrid Toni Kroos jadi pemain dengan nilai pasar termahal Jerman sebesar 80 juta euro. Selanjutnya, di susul Mats Hummels, Marc-Andre Ter Stegen, dan Timo Werner dengan nilai jual rata-rata sekitar 60 juta euro.

Lalu negara mana yang menjadi kontestan Piala Dunia 2018, namun mempunyai total nilai transfer terendah? Dilansir dari transfermarkt calculations, skuad termurah adalah Panama. Sebagai negara debutan di ajang empat tahunan itu, keseluruhan pemain Panama hanya mempunyai nilai jual sekitar 5,25 juta euro (Rp 86,2 miliar). (her/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here