PPDB SMA/SMK di Jatim Dihentikan Sementara

308

MADIUN – Pelaksanaan PPDB SMA/SMK di Jatim dihentikan sementara. Kebijakan itu ditempuh menyusul banyaknya wali murid di berbagai daerah memprotes sistem PPBD jalur zonasi tersebut. ‘’Dihentikan sementara mulai siang ini (Rabu, Red). Karena memang masih ada proses pendaftaran,’’ kata Plt Kepala Dispendik Jatim Hudiyono, Rabu (19/6).

Dia menambahkan penghentian sementara tahapan PPDB itu diberlakukan sampai ada putusan lebih lanjut dari kemendikbud. Tetapi, kebijakan itu tidak berpengaruh bagi calon peserta didik yang sudah mendaftar secara online. ‘’Yang sudah tersimpan dalam data PPBD itu tidak masalah. Memang dihentikan sementara, tetapi bukan berarti mereka yang sudah mendaftar dan diterima secara ranking itu hilang. Tetap semua, sambil kami menunggu keputusan dari mendikbud,’’ jelasnya.

Hudiyono tak menampik banyak keluhan dari wali murid terkait sistem zonasi. Mereka beranggapan sistem itu tidak sesuai diterapkan di daerahnya. Lebih lanjut, dia mengungkapkan para wali murid itu meminta sistem PPDB dikembalikan seperti tahun lalu. Dengan berpatokan pada hasil nilai ujian nasional (NUN). ‘’Mereka meminta PPDB di close. Ya, akhirnya diputuskan di close untuk siang ini. Sambil menunggu kami berkoordinasi dengan kemendikbud yang kebetulan mereka ada di sini (Surabaya),’’ terangnya. (her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here