Potensi Hujan-Angin hingga Akhir Maret

78

NGAWI – Kamis (28/2) sekitar pukul 16.00 menjadi sore mencekam di kawasan Ngawi Kota. Hujan-angin mengamuk hingga menimbulkan sejumlah kerusakan. Kemarin pagi (1/3), petugas badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) melakukan pembersihan sisa-sisa pohon yang tumbang.

‘’Hujan-angin masih berpotensi terjadi sampai akhir Maret yang merupakan puncak musim penghujan tahun ini,’’ kata Kasi Kedaruratan BPBD Ngawi Alfian Wihaji Yudono.

Sisa dahsyatnya amukan hujan-angin terpampang jelas di kediaman Kasno, warga RT/RW 04/01, Kelurahan Ketanggi. Atap rumahnya rusak tertimpa pohon mangga berumur puluhan tahun. ‘’Sebenarnya sudah terpantau Kamis petang, tapi karena tidak memungkinkan, evakuasi baru bisa dilakukan hari ini (kemarin, Red),’’ ujar Alfian.

Petugas BPBD dan sejumlah relawan bahu membahu mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa rumah Kasno. Berbagi peralatan digunakan untuk mempermudah proses pembersihan.

Menaiki pohon, lantas memangkasi dahan-ranting dilakukan lebih dulu oleh petugas dengan naik dan memanjat pohon di atap. Sejurus kemudian, atap rumah Kasno yang ringsek tampak menganga sesaat setelah pohon berhasil diturunkan. ‘’Evakuasi selesai sekitar pukul 10.00,’’ terang Alfian.

Amukan hujan-angin yang melanda wilayah Ngawi Kota berdampak merata. Empat titik terparah berada di Kelurahan Ketanggi, Karangasri, serta Jalan Kartini dan Sultan Agung. Sejumlah kawasan terdampak sudah terevakuasi sesaat setelah hajaran hujan-angin yang berlangsung tak ada satu jam itu. Selebihnya, rampung ditangani kemarin. ‘’Kami pastikan, tidak ada korban jiwa akibat hujan-angin tersebut,’’ kata Alfian. (mg8/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here