PORPROV 2019: Semangat Berlipat, Target Empat Emas

23
JELANG PORPOV: Jajaran Percasi Kota Madiun sebelum berangkat ke Kejurprov Jatim 2019 di Tulungagung beberapa waktu lalu.

MADIUN – Mental para atlet cabang olahraga (cabor) catur Kota Madiun menyongsong Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Jawa Timur 2019 di Bojonegoro-Tuban-Lamongan-Gresik terdongkrak. Itu setelah salah seorang atletnya berhasil meraih juara III dalam Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Jatim di Tulungagung Minggu (16/6). Kompetisi tahunan seluruh kontingen Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) se-Jatim itu bisa dibilang sebagai ajang pemanasan menyambut porprov bulan depan. ‘’Ini momen tepat yang bisa melecut semangatnya anak-anak,’’ kata Sarno, pelatih cabor catur Kota Madiun.

Dalam porprov kali ini, percasi menargetkan membawa pulang empat emas. Terbilang tinggi mengingat dalam kompetisi sebelumnya, gagal meraih satu pun medali. Apa latar belakang di balik penentuan target tersebut? Sarno melihat ada potensi terhadap tiga anak didiknya. Masing-masing diikutkan dalam kelas catur cepat, kilat, dan klasik. Salah seorang di antaranya jago di dua kelas yang disebutkan di awal. Sedangkan dua lainnya menguasai jenis klasik. ‘’Target empat ini realistis karena kalau sukses semua dapat sembilan medali,’’ ujarnya.

Sarno menyebut persiapan matang sudah dilakukan demi meraih target. Selain latihan rutin, juga mengirim atlet unggulan ke pelatihan sekolah catur di Jakarta. Kendala yang dihadapi adalah sulitnya mencari lawan dan tempat latihan. Calon lawan harus bisa menyesuaikan jadwal latihan para atlet. Juga persoalan klasik keterbatasan anggaran. ‘’Berangkat ke Jakarta pakai uang pribadi. Alhamdulillah ada donatur yang membantu,’’ ungkapnya.

Manajer Percasi Kota Madiun Heri Efendi mewaspadai Bojonegoro sebagai lawan berat karena berstatus sebagai tuan rumah. Warganya pasti antusias mendukung. Para atlet diyakini bakal berjuang keras bila tidak ingin menanggung malu di kandang sendiri. Potensi itu kian meningkat lantaran dalam beberapa bulan ini olahraga olah pikir di Kota Ledre menjadi buah bibir. Misalnya, ketika atletnya menyabet juara I di Kejurprov Tulungagung. ‘’Kota Batu, Sidoarjo, dan Lamongan juga termasuk unggulan,” ujarnya. (mgd/cor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here