PORPROV 2019: Enam Atlet Berjuang untuk Tiga Besar

34
TETAP SEMANGAT: Sejumlah atlet cabor atletik Kota Madiun latihan di Stadion Wilis.

MADIUN – Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kota Madiun menargetkan tiga besar dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Jawa Timur. Perjuangan itu bakal berat lantaran salah seorang atlet yang dijagokan mendadak dipanggil mengikuti pemusatan latihan daerah (Puslatda) Pekan Olahraga Nasional (PON). Sesuai ketentuan atlet tersebut tidak perkenankan ikut kompetisi yang dihelat di Tuban Juli nanti. ‘’Jadi, kami berusaha sebaik mungkin dengan materi atlet yang ada,’’ kata Ketua PASI Kota Madiun Hanto Margono.

Hanto enggan memerinci target tiga besar tersebut dalam bentuk kuantitas raihan medali emas, perak, atau perunggu. Alasannya, para petarung yang dibawa baru kali pertama mengikuti kompetisi olahraga empat tahunan antardaerah se-Jatim itu. Mereka merupakan hasil seleksi tim yang mencari bibit potensial dari pelajar sekolah sejak tiga tahun lalu. Proses tersebut terbilang tidak mudah dalam beberapa tahun terakhir ini. ‘’Seringkali atlet yang punya potensi tidak hadir saat diminta datang latihan,’’ ujarnya.

Demi menjaga asa setidaknya meraih satu medali perak di nomor pertandingan lompat jangkit seperti porprov periode sebelumnya, Davit Frastiyanto dkk digembleng enam kali latihan dalam sepekan. Itu penambahan intensitas latihan mendekati bergulirnya kompetisi. Di luar itu, mereka sudah berlatih dua kali dalam sepekan dalam kurun tiga tahun terakhir. ‘’Ada atau tidak kompetisi, kami latihan terus,’’ ucap Hanto.

Pelatih cabor atletik Kota Madiun Mochamad Nur Arif menambahkan, sejumlah kendala mewarnai jelang porprov. Selain atlet andalan ikut puslatda PON, waktu persiapan berhimpitan Ramadan. Sehingga program latihan pun tidak bisa maksimal. Ditambah belum cairnya dana hibah atlet. ‘’Imbasnya menghambat pengiriman atlet ke luar daerah untuk uji coba,’’ ujarnya.

Enam atlet itu terdiri lima putra dan satu putri. Perinciannya untuk putra tergabung dalam nomor pertandingan 100 meter; 200 meter; 400 meter; lompat jauh dan lempar lembing. Sedangkan atlet putri ikut lompat jauh. ‘’Kami berharap anak-anak dapat menambah jam terbangnya, syukur-syukur pulang bawa medali,’’ tuturnya. (mgd/cor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here