Ponpes Baitul Quran Al-Jahra Tanamkan ke Santri Rasa Nasionalisme

166
NASIONALIS: Para santri dan pengajar Pesantren Baitul Quran Al-Jahra Magetan saat mengikuti upacara peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, Sabtu lalu (17/8).

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Indonesia juga dilaksanakan di Ponpes Baitul Quran Al-Jahra, Kelurahan Tawanganom, Magetan, Sabtu (17/8). Kepala SMPIT Baitul Quran Al-Jahra Ustad Isgianto menyampaikan, memperingati hari kemerdekaan adalah sebuah kewajiban. Tujuannya, agar santri memiliki semangat dan rasa nasionalisme cinta tanah air.

Selain itu, bentuk penghormatan kepada jasa para pahlawan yang telah berkorban memperjuangkan kemerdekaan negeri ini. ‘’Semoga dengan peringatan HUT RI ini kita semua mampu meningkatkan jiwa patriotisme dan nasionalisme kepada tanah air tercinta,’’ kata Isgianto.

Dalam upacara tersebut, pihak ponpes juga menghadirkan Kusdi, seorang veteran pejuang kemerdekaan, sebagai inspektur upacara. Hal itu sengaja dilakukan agar para santri termotivasi terus menjaga dan mengisi kemerdekaan Indonesia. Seperti rajin belajar dan menjadi santri berprestasi supaya bisa melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul. ‘’Harapanya tidak hanya infrastrukturnya yang dimerdekakan, tapi SDM-nya pun harus menjadi SDM yang unggul,’’ ujarnya.

Selain upacara, juga digelar berbagai perlombaan Agustusan. Seperti lomba kebersihan asrama, makan kerupuk, perang air, tarik tambang, hingga berjalan menggunakan bakiak. Lomba itu diikuti para santri yang dibagi dalam beberapa tim. ’’Melalui lomba ini, diharapkan para santri mampu memunculkan kerja sama tim yang hebat,’’ ucapnya. (ebo/bel/c1/her/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here