PeristiwaPonorogo

Polres Kerahkan 625 Personel Amankan Tahapan Kampanye

PONOROGO – Polisi telah memetakan segala bentuk kerawanan selama masa kampanye Pemilu 2019. Sebagai langkah awal, Polres Ponorogo menggelar deklarasi damai bersama pemkab, kodim, komisi pemilihan umum (KPU), badan pengawas pemilu (bawaslu), dan pengurus partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019, Rabu (19/9).

Mereka berkomitmen menjalankan tahapan kampanye secara profesional dan berintegritas. Sehari sebelumnya, polres juga menggelar simulasi pengamanan kampanye di Jalan Alun-Alun Utara. ‘’Sekitar 625 personel kami terjunkan untuk mengamankan kampanye pemilu legislatif (pileg) dan pemilu presiden (pilpres),’’ kata Kapolres Ponorogo AKBP Radiant.

Aparat kepolisian juga akan didukung sekitar 150 personel TNI dalam menjalankan operasi bersandi Mantab Bratha tersebut. ‘’Kami siap melaksanakan kegiatan pengamanan pileg dan pilpres,’’ imbuhnya usai deklarasi damai di Pendapa Pringgitan Ponorogo.

Dia menambahkan, berdasar hasil pemetaan sebelumnya, potensi kerawanan diperkirakan terjadi saat pemungutan suara. Sebagai antisipasi, pihaknya bakal menerapkan pola pengamanan aman dan rawan-1. ‘’Rawan-1 itu berkaitan dengan geografis. Sedangkan, penanganan masalah saat kampanye sudah disimulasikan melalui kegiatan sispamkota Selasa lalu (18/9),’’ ujarnya.

Radiant juga membeber pola pengamanan di tempat pemungutan suara (TPS). Yakni, menempatkan seorang personel polisi dan TNI untuk mengawasi lima TPS terdekat. ‘’Mereka juga akan dibantu 10 anggota perlindungan masyarakat (linmas),’’ bebernya.

Wakil Bupati (Wabup) Ponorogo Soedjarno juga mengingatkan semua pihak untuk mewaspadai penyebaran informasi yang tidak bertanggung jawab selama kampanye pileg dan pilpres. Itu demi meminimalkan konflik horizontal. ‘’Terlebih saat ini perkembangan media sosial (medsos) sudah sangat masif,’’ tegasnya.

Ketua Bawaslu Ponorogo Muhammad Syaifulloh meminta peserta, pelaksana, maupun tim kampanye menaati aturan main selama kampanye. Semua telah diatur dalam UU 7/2017 tentang Pemilu dan PKPU 23/2018 tentang Kampanye Pemilu. (her/c1/sat)

 

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close