Polisi Sita Puluhan Motor Bodong Hasil Kejahatan Fidusia

1011

NGAWI – Polres Ngawi mengamankan puluhan kendaraan bermotor (ranmor) yang diduga hasil kejahatan dari rumah Waluyo di Desa Babadan, Ngrambe. Pria penyedia jasa gadai tersebut diduga terlibat penggelapan. ‘’Total 22 unit sepeda motor dan satu unit mobil,’’ kata Kapolres Ngawi AKBP Pranatal Hutajulu.

Natal, sapaan kapolres, menyatakan akan menindaklanjuti temuan tersebut. Puluhan ranmor bodong itu kini menyesaki halaman depan Satrekrim Polres Ngawi. Waluyo tercatat sejak sekitar lima tahun terakhir menjalankan jasa gadai. Tidak menutup kemungkinan ada unsur pidana di dalamnya.

Kasat Reskrim Polres Ngawi AKP Muh. Indra Nadjib menambahkan, penyitaan itu bermula dari laporan penggelapan. Salah satu lembaga pembiayaan (leasing) di Ngawi membuat laporan penggelapan objek jaminan fidusia. Samini, warga Desa Klitik, Geneng, Ngawi, jadi pihak terlapor. ‘’Terlapor menunggak bayar tujuh bulan,’’ ujarnya.

Laporan penggelapan dengan objek Honda CB 150R tersebut menggelinding bak bola salju. Hasil penyelidikan, motor tersebut digadaikan Rp 8 juta ke Waluyo. ‘’Saat eksekusi penyitaan di Waluyo kami temukan 22 unit motor dan satu unit mobil tanpa dilengkapi dokumen resmi,’’ ungkap Indra.

Seketika itu juga, penyitaan dilakukan sebagai langkah antisipasi ranmor tersebut hasil tindak kejahatan. Sejumlah pihak pun dimintai keterangan. ‘’Kendaraan tidak dilengkapi BPKB. Dimungkinkan, kendaraan leasing yang tidak dibayar atau bisa saja hasil kejahatan lain,’’ paparnya.

Pihaknya belum melakukan penahanan kepada sejumlah pihak tersebut. Sebab, perkaranya utang-piutang dan gadai. Sehingga perlu pendalaman lebih lanjut. ‘’Masih kami pelajari dan kroscek dengan pihak finance. Belum ada kejelasan tentang kelengkapan surat-surat dari motor dan mobil hasil sitaan itu,’’ imbuhnya.

Untuk sementara, posisi Waluyo sebagai penyedia jasa gadai masih aman. Pasalnya, kata Indra, yang bersangkutan tidak tahu-menahu terkait kondisi dan status puluhan ranmor yang dijadikan jaminan gadai tersebut bermasalah atau tidak. ‘’Bisa jadi, dobel tipu-tipu ini,’’ duganya. (mg8/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here