Polisi Obrak-Abrik Balap Liar di Ring Road

135

MADIUN – Suara dan lampu terang sirine mobil patroli anggota Satlantas Polres Madiun membuat ratusan pemuda yang berkumpul di Ring Road Barat semburat. Mereka berusaha menghindari petugas yang melakukan razia balap liar Minggu dini hari (19/5).

Di lokasi tersebut, memang terpantau sejumlah pemuda yang berkumpul dan menyiapkan motor untuk balap liar. Jalan Ring Road Barat memang biasa dijadikan sebagai ”sirkuit” bagi penggemar balap liar. Mereka memanfaatkan mulusnya jalan dan kelengahan petugas.

Kasatlantas Polres Madiun Kota AKP Affan Priyo Wicaksono mengatakan, selain jalan lingkar tersebut, pihaknya memetakan beberapa titik potensi balap liar lainnya. Di antaranya, Jalan Mastrip dan Jalan Abdul Rahman Saleh. ’’Kegiatan balap liar menjelang waktu Sahur yang dilakukan oleh para anak-anak muda itu dianggap meresahkan masyarakat. Untuk itu, kami lakukan patroli dengan melakukan tindakan preventif berupa sanksi tilang,’’ terangnya kepada Jawa Pos Radar Madiun.

Pada razia kemarin misalnya. Strategi menertibkan aksi balap liar lebih dulu diatur polisi. Tim dibagi menjadi dua. Tim satu menutup akses dari arah Jalan Ring Road Barat sisi selatan. Sedangkan, tim dua menutup jalur dari Jalan Keningar. Serta beberapa anggota menyanggong di sejumlah jalan penghubung yang ada di sekitar Jalan Ring Road Barat.

Mereka bertugas menyergap. Saat melihat petugas datang dari arah berlawanan para remaja aksi balap liar itu langsung berhamburan. Namun, mereka tidak bisa kabur. Sebab, tim yang lain sudah menutup jalan.

Polisi mengamankan empat unit sepeda motor. Mayoritas protolan dan tak sesuai standar. Polisi lantas memeriksa satu per satu pengendara dan kelengkapan surat kendaraan. Hasilnya, sejumlah kendaraan tidak dilengkapi STNK dan tidak membawa SIM. Sehingga harus dikenai sanksi tilang.

Affan mengungkapkan razia balap liar digelar atas aduan dari masyarakat. Mereka kerap mengeluhkan aksi ugal-ugalan para remaja mengendarai sepeda motor di seputaran Jalan Ring Road Barat dan Jalan Mastrip. ’’Kami akan rutin gelar patroli untuk meminimalisir aksi balap liar semacam ini,’’ terangnya.

Selain itu, sejumlah pengendara motor yang menggelar aksi kebut-kebutan di dekat Taman Makam Pahlawan harus berurusan dengan anggota Korem 081/DSJ. Supaya ada efek jera, petugas meminta mereka mendorong motornya masing-masing sampai Jalan Yos Sudarso sambil berujar “saya berjanji tidak akan mengulanginya lagi”. (her/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here