Ngawi

Poles Monumen Soerjo Jadi Objek Wisata Nasional, Hargodumilah Group Duit Rp 4 Miliar

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Wajah Monumen Soerjo yang selama ini terkesan kurang terawat bisa jadi bakal membuat pangling. Itu seiring rencana perusahaan lokal Ngawi CV Hargodumilah Group (HG) menggelontorkan dana Rp 4 miliar untuk memoles wanawisata tersebut menjadi objek wisata berskala nasional. ”Kami sudah tanda tangani kerja samanya bulan lalu, sekarang proses pengerjaan awal,” kata Hariyanto, bos perusahaan tersebut, Minggu (10/11).

Hariyanto mengaku optimistis di bawah pengelolaan perusahaannya wanawisata Monumen Soerjo bakal menjadi objek pelesiran favorit di Ngawi. Pun, dia tak segan berinvestasi besar untuk mengembangkannya.

Dia menyebut, investasi yang dikucurkan merupakan yang terbesar dibandingkan pengembangan objek wisata lain yang pernah dilakukan sebelumnya. Bahkan, mencapai empat kali lipat dari investasi awal Srambang Park. ‘’Masyarakat sekitar dan pemerintah daerah mendukung. Makanya, kami yakin,’’ ujarnya.

Selama ini wanawisata Monumen Soerjo dikelola Perhutani dengan melibatkan sejumlah warga. Selain 71 pesanggem atau penggarap lahan hutan, juga ada sedikitnya 45 pedagang di pasar burung dan 30 pedagang asongan. ‘’Kami sudah komunikasi dengan mereka, semua mendukung,’’ tuturnya sembari menyebut dalam pengelolaan di bawah bendera perusahaannya kelak tetap melibatkan mereka.

Meski bakal mengalami sejumlah polesan, kata dia, unsur sejarah tetap ditonjolkan. Rencananya, ikon utama berupa monumen Gubernur Soerjo tetap dipertahankan. Bahkan, dikuatkan dengan bangunan pendapa dan museum gubernur pertama Jatim itu. ‘’Supaya kesan sejarahnya semakin kuat,’’ sebutnya.

Tak hanya itu, lanjut Hariyanto, kelak juga dibangun arena outbound, waterboom, serta resor. Selain itu, kebun raya berisi aneka jenis tanaman unik dan langka dari dalam maupun luar negeri. Pun, dalam jangka panjang luasan lahan bakal ditambah dari 16 hektare menjadi 25 hektare. ‘’Target kami bisa jadi objek wisata nasional,’’ imbuhnya.

Dia meyakini, dengan lokasi strategis di jalur nasional, kelak wanawisata Monumen Soerjo bakal berkibar. Apalagi, akses jalan cukup representatif. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close