Pohon Tumbang Timpa Bangunan Fotokopi

115

MADIUN – Cuaca buruk berupa hujan lebat disertai angin kencang berdampak pada robohnya sejumlah pohon di Kota Madiun. Di antaranya, pohon kersen di Jalan Mayjend D.I. Panjaitan. Persisnya di depan SMKN 3 Madiun.

Beruntung tidak ada korban jiwa. Namun, pohon itu menimpa sebuah bangunan. Pohon setinggi tujuh meter tersebut roboh sekitar pukul 17.00. Angin kencang yang disusul hujan lebat membuat pohon itu ambruk ke arah trotoar. Sebuah bangunan fotokopi milik SMKN 3 Madiun yang tutup pun terdampak. Sebagian atap bangunan berantakan setelah tertimpa pohon.

Begitu ada pohon yang roboh, petugas dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Madiun bergegas membersihkannya. Apalagi, pohon tumbang itu menimpa pagar dan bangunan fotokopi sekolah.

Menurut Ibnu Suwarto, penjaga fotokopi SMKN 3 Madiun, hujan kemarin sore itu datang tiba-tiba. Awan yang semula cerah mendadak berubah mendung gelap. ‘’Saat itu saya sedang berada di pos satpam. Tiba-tiba terdengar suara kratak kratak. Ternyata pohon tumbang menimpa bangunan fotokopi,’’ ungkapnya.

Kabid Pertamanan Permakaman dan Penerangan Jalan Umum (PTP) Dinas Perkim Kota Madiun A’Ang Marhaendra Budiono mengungkapkan bahwa kasus pohon tumbang berpotensi terus terjadi selama musim hujan. Sampai dengan kemarin, pihaknya mencatat sudah ada sekitar 21 kasus pohon roboh di Kota Madiun. ‘’Sebelumnya kami sudah melakukan tindakan survei sebagai upaya pencegahan. Total ada 23 pohon yang sudah kami pangkas,’’ katanya kepada Jawa Pos Radar Madiun.

A’Ang menjelaskan, puluhan pohon yang dipangkas itu termasuk kategori rawan. Seperti batang pohon yang sudah lapuk dan telah berusia tua.  ‘’Kami hanya punya satu unit crane untuk mengantisipasi kejadian pohon tumbang. Tapi, dalam waktu dekat akan ada tambahan satu unit crane lagi,’’ jelasnya. (mg2/c1/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here