Pohon Tumbang Rusak Empat Rumah

63

PONOROGO – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo mengimbau masyarakat dan dinas menggiatkan perantingan. Pemangkasan pohon yang tua serta dahan dan ranting yang rindang. Menyikapi bencana angin kencang yang masih kerap melanda di sejumlah wilayah beberapa hari ini. ‘’Setidaknya meminimalisir pohon tumbang hingga timbul kerugian materiil,’’ kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo Setyo Budiono.

Kejadian teranyar, angin kencang menerjang empat kecamatan di wilayah barat Jumat lalu (22/3). Hempasan yang disertai hujan lebat menumbangkan pepohonan di sejumlah desa di Balong, Badegan, dan Kauman. Beruntung, patahan yang menutup akses jalan desa hanya mengganggu arus lalu lintas. Terparah di Desa Karanglo Kidul, Jambon. Pohon tumbang dan menimpa empat rumah warga desa itu. Yakni, Marem, Bejo, Siwanto, dan Milik. Meski tidak ada korban jiwa, kerugian ditaksir Rp 50 juta. ‘’Kerusakannya sama-sama di bangunan bagian belakang,’’ ujarnya.

Petugas BPBD langsung menyebar ke lokasi kejadian. Evakuasi pohon dan pembersihan dilakukan bersama polisi, TNI, dan warga setempat. Memotong pohon menggunakan gergaji mesin. Khusus di Karanglo Kidul, sejumlah warga yang mengetahui sapuan angin itu terlihat cemas. Karenanya, BPBD mengingatkan kewaspadaan ditingkatkan ketika hujan dan angin kencang muncul bersamaan. ‘’Berdasar prakiraan BMKG, cuaca ekstrem masih terus terjadi hingga bulan depan,’’ ucapnya. (mg7/cor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here